Jumat, 25 Maret 2016

Basian IBF 2016

Happy long weekend everyone! Wah sudah akhir Maret aja ya. Dan saya masih ngutang satu postingan tentang Islamic Book Fair (IBF) 2016 yang berlangsung 26 Feb-6 Maret 2016 lalu. Oh My God, ini bakal jadi postingan basi banget..... 
So, yeah saya memutuskan ngga akan menceritakan detail tentang IBF 2016, hmm.. saya akan menceritakan tentang buku-buku yang berhasil saya dapatkan selama di IBF 2016. Apa aja? Mari disimak ^^


Rabu, 2 Maret 2016
Saya baru sempet ke IBF di hari ke-6 pameran gara-gara cuaca yang lagi manja banget saat itu. Jalan-jalan saat cuaca ngga bagus itu kan agak males banget ya. Well, Rabu kala itu cuaca juga ngga bagus-bagus amat sih, malah sempet hujan sebelum saya berangkat. Tapi untuglah saya ngga mengurungkan niat untuk tetap pergi ke IBF.
IBF berlokasi di Istora Senayan dan ada dua lantai yang jadi area pameran. Dan area pamerannya itu luas banget. Salah satu hal baru di IBF tahun ini adalah adanya Halal Food Corner, Kids Zone dan Tempat sholat yang luas banget. 
Halal Food Corner ini jadi semacam bazaar makanan gitu, dan dikasih space satu tenda besar di outdoor. Partisipan halal food cornernya juga lumayan banyak, makanannya macam-macam, harganya terjangkau, dan ya pokoknya cukuplah buat ganjel perut yang ngamuk gara-gara habis tawaf satu Istora. Well, di Halal Food Corner sebenarnya saya cuma sempat beli segelas teh tarik seharga 6ribu sih, ngga sempet nyicip jajanan disana, tapi kok saya comment gitu ya? Haha bias banget ngga sih? xD. Saya bisa comment gitu dari sekilas pandangan mata aja sih dan karena aroma makanan yang cukup menggoda tapi saya ngga tergoda. Gimana sih din xD
Saya ngga sempat masuk Kids Zone, jadi ngga bisa comment macam-macam.
Tempat sholatnya luas, dapet space satu tenda di outdoor. Suasana area sholatnya sama kaya Jakarta Book & Edu Fair 2015
>> Din! Katanya mau cerita tentang buku yang didapat aja? Kok ngaco ke Halal Food Corner, Kids Zone dan tempat sholat? 
<< OHIYA! MAAF MAAF TIBA-TIBA SEMANGAT NIH NULISNYA!
Saat saya sampe IBF, saya langsung menuju area lantai dua pameran. Ngga ada alasan khusus sih untuk ke lantai 2 duluan. Di lantai 2 ini dikuasai stand pernik-pernik. Kaya baju muslim, khimar, mainak anak islami, majalah-majalah. Serasa di Tanah Abang gitu lah.
Diantara rasa Tanah Abang itu saya menemukan stand Penerbit Haru. Tentu saya mampir ke stand tersebut, karena saya dapat voucher diskon 40% untuk belanja di stand ini selama masa pameran
>> Kok bisa dapat diskon din?
<< Menang kuis yang diadakan @NovelAddict_ , hihi ^^. Biasa, iseng-iseng tau menang :D

Diskon 40%nya berlaku untuk buku-buku terbaru Penerbit Haru dan maksimal pembelian 10 buku. Setelah bermenit-menit memilih, saya memutuskan membeli buku I’ll Be Your Wife dan Attachments. Dua buku ini dapat diskon 40%. 
Dua buku total 91 ribu

Terus saya juga beli 4 Ways to Get a Wife dan So, I Married the Anti-fan ; dua buku lama yang masing-masing dijual dengan harga 25 ribu. 
Yang ini total 50 ribu

Ketika saya cuma ngasih empat buku tersebut ke Kak Lia selaku penjaga stand, dia langsung komentar : yakin Cuma ini aja? Diskon 40%, maksimal 10 buku loh.
YAELAH KA….40% sih 40%, tapi kalau satu buku harganya 70 ribuan ya tekor juga kalau beli banyak-banyak! :')
Baru nyampe IBF, langsung ke stand Haru dan stand tersebut sukses membobol dompet saya sebanyak 141 ribu! Ih sebel…

Setelah selesai urusan dengan stand Haru, saya lalu memutuskan untuk turun dan mulai tawaf ke area pameran di lantai 1. Tawaf di IBF ini bagus banget buat kesehatan mata saya, lihat banyak buku—lihat doang, tapi ngga beli. Haha.

Biasanya, kalau masa-masa pameran kaya IBF gini, ada aja yang ngadain kuis. Kebetulan, saya tau kalau Republika mengadakan kuis. Kuisnya yaitu selfie di stand Republika, kuis ini berlangsung dari hari pertama pameran sampai tanggal 3 Maret 2016.
Bisa dikatakan, salah satu misi saya ke IBF adalah foto selfie di stand republika. Cuss lah setelah mengelilingi sejenak area pameran lantai satu, lalu saya menghampiri stand Republika yang seperti biasa letaknya di dekat pintu masuk utama. Setelah ngeliat sejenak buku apa saja yang mereka jual, saya memastikan kondisi area stand—tidak terlalu sepi, bolehlah sedikit rame. Lalu cari spot terbaik biar tulisan stand Republikanya terlihat, senyum malu-malu dan CEKREK! Saya selfie beberapa kali di stand ini xD Setelah saya rasa hasil fotonya cukup bagus, saya lalu kabur dari stand ini xD
>> DINA…KEBABLASAN LAGI TUH, KATANYA MAU CERITA TENTANG BUKU AJA!
<< Wets sabar, selfie ini berhubungan kok dengan buku yang akan saya dapat! :D
Setelah dari Republika saya masuk ke area panggung utama. Ngeliat stand Pro-U yang bukunya bagus-bagus banget, dari segi cover eye catching banget, cuma sayang saya ngga beli hehe. Mampir ke stand AgroMedia group yang tumben banget di IBF tahun ini dapat space yang lumayan gede, well…walaupun mereka ngga menjual buku Islami semua sih. Ya you know lah, AgroMedia dengan Gagas-nya itu mereka menjual genre apa :D Yak… di stand Agro gado-gado jual bukunya, ada novel-novel romance dan buku pendalaman materi gitu :D Eh tapi stand Mizan juga dapat space gede dan jualannya gado-gado sih, ngga buku Islami semua. Eh tapi kan Mizan emang udah biasa dapat space gede kalau ada event kaya gini, hihi.
Saya ke IBF sendirian aja, btw—seperti biasa lah. Terus saya ketemu sama Ka Adenya Gagas—saya kenal karena KPP, hihi—dan saya sempat menyapa Ka Ade. 
Ka Ade : kok kamu bisa ngeliat aku sih?

((ya atuh gimana ngga ka, kakak kebetulan duduknya di tribun dekat stand Agro dan mata saya ini menyusuri segala penjuru)) // D : tadi, sempet liat Ka argo juga sih
Ka Ade : oh sempat nyapa?
D : Hehe ngga... // ((Yaelah ka... nyapa kaka aja nih yaaa saya harus menimbang berkali-kali... Sapa ngga... Sapa ngga.... Sapa ngga.... Sapa...))
IBF versi saya di hari itu berakhir setelah saya pamit pulang ke Ka Ade, beli Teh tarik 6 ribu dan sholat Zuhur.Yak ternyata, saya ngga beli buku apa-apa lagi setelah dari Penerbit Haru…..

4 Maret 2016
Setelah pulang dari IBF hari itu, saya langsung ngepost foto selfie saya ke akun twitter @republikaonline dengan hashtag #IBFRepublika2016.
Saya optimis menang, karena yang ikut kuis ini cuma 2 orang :)) 
>> Yaelah, mana rasa kompetisinya sih Din? xD
Sekitar jam 9 malam, tiba-tiba ada mention dari Republika, Menang kuis selfie! NAH KAN! 
Pemenangnya dua (karena yang ikut dua)

5 Maret 2016
Karena pengumuman kuis selfienya hari Jumat, berarti jatah ngambil hadiahnya cuma dua hari, yaitu Sabtu, 5 Maret / Minggu, 6 Maret. Setelah mempertimbangkan sana-sini akhirnya saya memutuskan untuk ngambil hadiahnya di hari terakhir IBF! Alasannya : biasanya, kalau hari terakhir pameran tuh diskon gede-gedean! Hihi

6 Maret 2016
Tadinya….saya mau minta temenin Ika buat ke IBF. Cuma….ngga jadi, karena saya baru berangkat ke IBF itu jam 3-an. Kesorean banget, jadi niatnya sih cuma mau ngambil hadiah aja terus mampir ke stand Mizan karena mereka ngasih diskon jadi 33% di pameran dari tanggal 4 Maret-6 Maret 2016! Gila menggiurkan! Dan alasan lainnya adalah, saya sempet baca kicauan dari twitter @mizanmediautama yang ngadain kuis. YES KUIS LAGI! Kuisnya selfie dengan buku belanjaan di IBF di stand mizan. YES SELFIE LAGI! 
Oke, berarti kalau di kuis ini saya harus modal beli buku di stand mizan haha. xD 
Eh tapi ngga masalah sih, secara emang ada buku di stand Mizan yang emang udah saya incer, selain itu diskonnya 33% lagi kan kan.
Setelah nyampe Istora, tadinya saya mau sholat Ashar dulu, Cuma tiba-tiba orang Republikanya nelpon biar ngambil hadiahnya saat itu juga. Yaudah, jadinya saya ke stand Republika deh. Dan saudara-saudara! Di stand Republika itu ada penulis favorit saya! Tere Liye in de house yooo. (Biasa aja sih sebenarnya *eh gitu).
Singkat kata, akhirnya ketemu panitianya. Hadiah kuisnya adalah 2 paket buku dan 2 voucher ke Taman Safari! Bukunya yaitu Bidadari-Bidadari Surga – Tere Liye dan Lembaga Budi – Prof. Dr. Hamka. Wihi…  


NTAP!
<< Yaaaa kirain dapat paket buku Tere Liye Anak Mamak
>> Udah syukur menang lu Din xD 
Terus panitia yang ngasih hadiahnya foto saya untuk dokumentasi ^^.


Lalu saya langsung ke stand Mizan, lumayan crowded disana.... 
Saya lagi ngidam banget sama serial Supernova – Dee Lestari. Saya belum punya satupun, mau beli Boxsetnya eh harganya lumayan nguras kantong mahasiswa…Akhirnya saya memutuskan akan pelan-pelan mengkoleksi serial ini, dari membeli seri pertama, kedua hingga seri terbaru dan terakhir yang paling hits : Intelegensi Embun Pagi.
Eh bulan depan, bulan April ya… Ehem…ulangtahun….Ehem… Ya kalau ada yang mau bantuin saya ngelengkapi serial Supernova, boleh banget loh. #KodeKeras #KodeinSiapaSih #PastiKodenyaMentalDeh #Heuh #Yaudahlah #Bhay
Memanfaatkan diskon 33% saya membeli seri pembuka Supernova : Ksatria, Putri & Bintang Jatuh, dan 365 Days of Happiness-nya mba Nurila dengan total harga 86 ribu.
Tadinya juga mau beli Parenthink-nya Mona Ratuliu, cuma ngga jadi hehe. 
Tadinya juga mau beli Supernova : Akar sekalian, cuma ngga jadi hehe. Tadinya aja terus Din!
Lafffff

Setelah selesai membayar, saya mencari spot sekitar stand yang cocok buat selfie. Tadinya mau di dalam stand Mizan, cuma crowded banget kan…. Ya akhirnya selfie di luar stand Mizan. Ya nahan-nahan malu juga sih foto di luar stand gitu, sementara banyak orang berlalu lalang xD.
Setelah itu? Pulanglah… Udah cape duluan gara-gara ke IBFnya kesorean. Hihi.

7 Maret 2016
Dapet mention dari @mizanmediautama kalau menang kuis (lagi….) ! Alhamdulillah. Harus saya katakan, yang ikut kuis dari mizan ini cuma sedikit—3 orang deh kalau ngga salah. Pada dasarnya, periode kuisnya juga emang sebentar sih. Dan kebetulannya…saya ngga sengaja nyimak kalau ada kuis tersebut. Eh saya yang menang. Uh terharu :’)


3 hari kemudian, hadiahnya sampai… Dan saya mendapatkan buku Harper Lee! Yay senang….

So, yeah itu dia rekap cerita Dina yang ke IBF. Haha basi banget ya-.-, tapi gapapa lah ya? xD. 
Tadinya pure mau cerita perolehan bukunya aja, eh tapi cerita-cerita mendukung dibelakangnya kayanya sayang juga kalau ngga ditulis. Dan kebetulan ini jarinya lagi lancar banget ngerangkai kata! Hehe.

Sampai jumpa di cerita pameran buku berikutnya ^^

Cheers,
ANR.   
  

  

5 komentar:

  1. Haduh, kak Dina, postingannya bikin iri >.< aku gak sempet ke IBF sekali pun, bcs of tempatnya jauh syekaleeh dan abis itu langsung uts~ etapi aku malah nonton konser 5sos sih hehehe :p alhamdulillah ya kak, dapet banyak buku ^^ hm, bentar lagi ultah kan? Bukunya udah banyak kan? Menang giveaway mulu kan? Boleh tuh adain kuis buku (atau intinya kasih buku ke aku gitu)#balesngode xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton 5sos? Wih gimana gimana? Pasti seru deh ya?
      Aihhhh dikodein balik, kodenya begini haha :'D Mau sih ngadain Birthday Giveaway lagi kaya tahun lalu, doain aja semoga ada rezekinya hihi ^^

      Hapus
    2. Hahaha serulah kak, apalagi gratis😂 hmm, iyalah semoga, ntar aku ikutan gitu😁 ditunggu postingan pamer buku lainnya😄

      Hapus
  2. Ahh, lucky Twsit, dalam seminggu berkahnya ngucur terus :)

    BalasHapus