Selasa, 27 Oktober 2015

Selamat Hari Blogger Nasional!

27 Oktober.
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!

Dari tadi pagi sudah muncul ini di pikiran saya : pokoknya hari ini harus buat satu postingan baru di blog. Tentu pikiran tersebut muncul karena hari ini bertepatan dengan Hari Blogger Nasional dan rasanya pengen aja ikut merayakannya hehe. Dan malam ini, saya mencoba merealisasikan keinginan saya tersebut. Hihi. Doa saya kalau bikin postingan baru di blog tuh cuma satu : Semoga draftnya selesai dan bisa di publish :p

Awal Punya Blog
Tahun 2010 atau 2011, lupa tepatnya yang mana.
Awalnya sih gara-gara temenan sama kakak senior di facebook, namanya Ka Indah. Hai Ka Indah :)) Dia ini dulu sering bikin cerpen dan cerbung gitu, di postingnya di notes facebook. Cerita buatannya bagus, saya sampe nyimak bener ceritanya. Ntah gimana ceritanya, saya menemukanlah blog pribadinya dia, terus saya stalk lah. Pada saat itu saya merasa wah punya blog kayanya keren ya. Sederhananya sih, beberapa tahun lalu Blogspot terlihat mewah di mata saya. Padahal kan ada Wordpress gitu ya, tapi ntahlah kayanya merasa jatuh cintanya sama Blogspot...sampai hari ini (?) :))

Bukan Blog Pertama
Blog ini bukan blog pertama saya, ini blog kedua saya. Jadi gini, setelah merasa kesemsem sama Blogspot, akhirnya saya memutuskan untuk bikin blog yang kalau ngga salah beralamat di ardinanurrahma dot blogspot dot com. Kalau kamu nanya saya pernah posting apa aja di blog itu, oh maaf banget saya ngga bisa jawab. Lupa :'D Seingat saya sih postingan absurd bin ngga jelas, pokoknya ngga terkonsep lah. Dan blog di alamat itu juga udah ngga ada, udah saya hapus.
Kenapa saya hapus? Alasannya childish banget sih sumpah! Jadi, ada yang suka sama saya gitu dan kepoin saya sampai baca blog saya. Masalahnya, saya ngga suka sama orang itu. Dalam pikiran saya saat itu, yah daripada gue dikepoin terus. mending gue hapus aja blognya. Singkat kata, habis nghapus blog itu, saya bikin blog baru. Blog INI :)) Kalau pake alamat blog ardinanurrahma kan gampang banget ditemuin orang, kamu masukkin nama Ardina Nur Rahma di google pasti si-blog ini akan muncul di paling atas. Akhirnya saya menggunakan alamat mbakdinskii dot blogspot dot com. Biar ngga kelacak siapapun :)) Lalu di tahun sekian, saya mengganti lagi alamat blog (ganti doang, ngga sampai nghapus kok HAHA) menjadi ardinanr dot blogspot dot com.....sampai sekarang :) eh sekarang udah jadi dot co dot id deh! Hihi

Dulu Suka Dandanin Blog
Kalau kamu udah lama ngeblog, mungkin kamu juga pernah mengalami apa yang saya alami. Dulu tuh bawaannya, kalau ngeliat blog rame kayanya demen gimana gitu. Blog rame yang saya maksud bukan blog yang angka kunjungannya tinggi, bukan pula yang komentarnya banyak. Yang saya maksud adalah blog yang widgetnya seabrek-abrek. Ada lagu, ada salju yang tiba-tiba muncul dan entahlah apa lagi. Eh itu pengalaman pribadi saya sih. Kamu gitu juga ngga? :p Ngga hanya widget yang seabrek, dulu saya juga demen nyari template blog yang lucu-lucu gitu. Nah ke-alay-an saya untuk ngedandanin blog berhenti sejak punya blog kedua ini. Capek ngedit ini itunya. Jadi ya sesederhana ini aja. Buat nambah kesan manis, saya coba bikin Header. Hasilnya ya begitulah, ya lumayan. Pengen sih ngedit-ngedit lagi tampilan blog, tapi nanti aja deh. Masih suka sama gambar buku sebagai latar belakang blog saya itu, masih suka sama teddy bear di header saya itu, dan...masih suka kamu.

Blog Personal atau Blog Buku
Banyak yang punya blog dan mereka tahu persis mau dibawa kemana blog mereka. Maksudnya, ya mereka tahu blognya akan banyak merekam kisah tentang apa. Apakah seputar kuliner, kecantikan, perjalanan, fashion, motivasi ataupun yang lainnya.
Senior saya yang lainnya, selalu membuat postingan yang memotivasi. Bukan motivasi dengan sok menggurui atau apa, dia memotivasi dengan pengalamannya yang nyata. Hai Ka Sekar Kasih, iya ini aku ngomongin kamu Kak :))
Ketika saya bikin blog, saya ngga punya rencana khusus blog ini akan bergenre apa. Yaudah ujungnya ya buat personal blog aja. Random. Apa yang ada dipikiran saya ditulis. Kalau saya mau berbagi saya nulis. Sesederhana itu.
Karena saya suka banget baca novel, terbersit lah di pikiran saya untuk membuat postingan tentang review/resensi dari novel-novel yang udah saya baca. Ketika saya mulai mengenali memang banyak blogger yang hobbynya ngeresensi buku, keinginan untuk menjadi blogger buku-pun mencuat. Tapi, baru posting tiga review secara berurutan aja, di postingan selanjutnya saya nulis kalimat ini :

Saya rindu moment ketika saya bisa membuat postingan bebas. Bisa posting apa yang saya pikirkan dan apa yang saya lakukan.
Lah? Gimana mau jadi blogger buku toh, Din? :))
Jujur, pengen sih secara rutin posting review buku, secara novel yang saya baca emang lumayan banyak. Cuma....ya gitu, saya masih sulit untuk konsisten ^_^v
Ya..jangankan ngereview buku, bikin postingan bebas aja masih  mau-mau-ngga-ngga kan din? :))
Walaupun saya blogger buku abal-abal, saya bersyukur banget pernah dikasih kesempatan untuk menjadi Host Blog Tour Buku dan menyelenggarakan Giveaway Buku yang bekerja sama dengan penerbit dan penulis.
Tapi, dari semua ngga ke-konsisten-an saya terhadap ngeblog, ada satu hal sih yang saya pertahankan buat konsisten. Apa itu? Cerita tentang segala pertemuan dengan Vidi yang saya kasih tagline "Mengejar Vidi".

Mulai Berbagi
Sejak saya tahu Warung Blogger dan kawan-kawannya di twitter, saya mulai berbagi link tentang apa yang saya tulis di blog saya. Dulu mah boro-boro. Ngetik, klik publikasikan, udah. Angka kunjungan blog pun rendah hehe. Sejak saya mulai berbagi apa yang saya tulis, angka kunjungan pun meningkat dan banyak yang sering meninggalkan komentar di postingan saya. Hehe senang deh :D
Tapi, saya bukan tipe yang terlalu sering blog walking. Sekalinya blog walking pun hanya ke blog yang muncul ke Dasbor Blogger saya xD. Udah lama juga sih ngga follow blog-blog baru. Maafkeun :D

Jadi, Layakkah Kamu Disebut Blogger?
AHAHA pertanyaannya. Kalau dilihat dari rutinitas ngeblognya dan konteks isi blognya mungkin saya jauh banget dari gelar Blogger. Tapi, kalau dilihat dari pemahaman : setiap yang punya blog sudah pasti disebut blogger, maka saya termasuk lah! Haha

Harapan Saya.
Konsisten ngeblog. Mampu memberikan manfaat bagi yang baca HAHA kayanya susah. Bisa menjadi Host Blog Tour Buku lagi dan bisa mengadakan Giveaway lagi. Hehe. Sesederhana itu... :))

With Love,
ANR

0 komentar:

Posting Komentar