Jumat, 19 Juni 2015

Pengalaman NgeGo-jek

Marhaban Ya Ramadhan..

Sambil menunggu waktu berbuka puasa yang tinggal menghitung menit, saya akan mencoba share pengalaman saya saat menggunakan layanan Go-jek. Siapa yang udah pernah nyobain juga? Hehe
Belakangan ini, layanan gojek mendadak menjadi familiar. Sungguh, awalnya saya ngga ngeh sama sekali dengan Gojek, sampai suatu ketika teman kampus saya ngepost foto di instagram dan path setelah menggunakan jasa Gojek. Jadi, dia menggunakan service Go-Food untuk beli Martabak Pecenongan 65a yang eksis itu, kemudian saat itu Gojek lagi ada promo free ongkir.

Lalu, saya ngesearch Gojek di google, buka web resminya, baca sekilas dan download aplikasinya. For your info, sementara Gojek baru tersedia di Jabodetabek, Surabaya dan Bali. :)
Setelah download, aplikasi Gojek mendadak jadi aplikasi yang menarik untuk saya. Apalagi menu Go-Foodnya itu loh, yang berisi banyaaaaak sekali pilihan restoran/warung/sejenisnya yang kerja sama dengan Gojek. Terus restoran yang ada di pilihan Go-Food itu utamanya disesuaikan dengan lokasi kita. Jadi, kita bisa sekalian tau deh tempat makanan yang letaknya dekat lokasi tempat tinggal kita :D
(Oya, yang belum download aplikasi, download aja. terus input kode ini : 542804665, nanti kalian bisa dapat free Gojek credit sebesar 50 ribu :D *promo)

Senin kemarin (15/6) saya berangkat ke kampus menggunakan Gojek, hal ini dipicu karena  : Pertama, Bapak saya yang tersayang yang biasanya nganter saya ngampus kebetulan lagi kerja shift pagi. Kedua, saya ngga punya pacar jadi ngga ada yang bisa saya chat "anterin ngampus dong say" *seketika pacar dan driver gojek 11:!2* Ketiga, saya lagi sedikit trauma sama bajaj. -___-

Kenapa saya trauma sama bajaj? Ini gara-gara pengalaman malesin senin sebelumnya. Jadi, hari itu saya ngampus dengan ngebajaj, ya karena bapak lagi-lagi shift pagi. Sebenarnya sih bisa berangkat pake angkot, cuma lama di jalan :p

Saya lewat jalan kampus yang berbeda dengan rute biasanya, awalnya oke no problem. Lama-lama saya ngga tau rutenya… Oke, Rute itu benar, sesungguhnya. Cuma ketika lewat rute tersebut, saya jadi ngga tau pasti rute mana yang harus diambil, saya ngga tau kapan saya harus belok kiri, belok kanan, puter balik atau macam sebaliknya. Dan sialnya, supir bajajnya juga bingung. Walhasil, kita muter-muter. Yang biasanya nyampe kampus dengan bajaj dan menempuh rute biasa hanya 15 menit, ini jadi 30 menit gara-gara muter ngga jelas. :/
Jadwal kelas saya jam 10.00. Tapi jam 10 lewat saya masih muter-muter ngga jelas. Bete banget ngga sih? Untungnya, dosen jam itu santai… ngga terlalu problem kalau mahasiswanya telat.
Singkat kata, akhirnya nyampe di kampus dengan selamat setelah emosi di tengah jalan, setelah nanya ke ibu-ibu penjaga warung untuk jelasin rute ke kampus dari lokasi saya berada.
Pas nyampe kampus, saya dengan rendah hati memberi uang 30 ribu sesuai penawaran awal sambil berkata "makasih ya pak, maaf jadi muter-muter"
Sebenarnya agak malas ngomong kaya gitu, dengan alasan kesopanan aja saya berkata macam itu. -_-v. Dan dengan sopannya supir bajajnya membalas dengan "tambahin dong"
Aduh itu sumpah rasanya……badmood :(. Udahlah saya kasih tambahan 5 ribu lagi. -_-
*sabar din sabar*

Nah senin berikutnya, saya memutuskan untuk coba Gojek, kebetulan lagi ada promo #cebanramadhan. Jadi all service, biayanya 10 ribu dengan syarat maksimum jarak yang ditempuh adalah 25 km.
Sekitar jam 9.15 saya coba order Gojek, tadinya mau pre-order gitu, tapi ternyata layanan pre-order udah ngga berlaku semenjak 10 Juni (layanan pre-order Gojek ini semacam layanan booking duluan, ibaratnya pesan Gojek jam 8, namun dijemputnya jam 10). Saya menunggu 30 menit hingga driver tiba di rumah. Lama juga sih, ya lagian sistem gojek kan gitu. Cepat atau lambatnya, tergantung keberadaan driver di area kita.
Saya ngga masalah dengan 30 menit itu, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya , dosennya nyantai.
Sekitar jam 10, saya pun sudah sampai kampus. Setelah turun dari motor, langsung nanya ongkosnya,
D : "berapa pak? Sepuluh ribu ya?"
G : "25 ribu"
D : "Bukannya 10 ribu pak?"
G : "Nah saya juga bingung"
Terus si driver buka aplikasi gojek dari hpnya, tertera di aplikasi beliau kalau ongkirnya 25 ribu, sedangkan di saya 10 ribu. Singkatnya, saya ngasih 25 ribu ke bapaknya.
Kenapa bukan 10 ribu seperti yang tertera di aplikasi saya? Karena saya mikir, daripada si bapak rugi, ya mending saya ngasih berlebih.. *lagian buat ongkos transportasi emang udah ada jatahnya sendiri dari mama :P* Setelah mengucapkan terima kasih, saya pun berlalu. Baru beberapa langkah berjalan, si driver memanggil saya kembali dan saya pun menghampiri.
Ternyata, ongkosnya benar 10 ribu. Katanya dia habis click apa gitu, lalu keluar notif bawa emang kena promo #cebanramadhan. Saat itu saya mastiin lagi dan berkata "benar 10 ribu pak?". Lalu dia nunjukkin hapenya dan mengembalikan uang 15 ribu saya. Sekali lagi saya mengucap terima kasih kepada driver. *rezeki~

Ketika saya follow Gojek via twitter, banyak banget testi yang muji pelayanan ini. Dan ketika saya merasakan sendiri? Ya begitulah… saya puas, tapi ngga 100%. Hal yang bikin saya puas banget adalah ya ongkirnya  yang cuma ceban itu.. :p
Dari pengalaman saya tersebut, ternyata masih ada driver Gojek yang bingung tentang promo yang diadakan.
Sungguh, harus saya akui, Gojek menjadi layanan yang memudahkan masyarakat. Untuk itu, evaluasi dan penyempurnaan secara kontinu wajib dilakukan oleh Gojek, demi apa? ya demi kepuasan para pelanggan :))
Pesan saya satu, pihak Gojek harus make sure sosialisasi promo kaya gini harus menyeluruh dan dipahami tata cara, syarat serta ketentuan berlaku, terutama oleh para driver sendiri.

Will I use gojek transportion for second time? Let see :) *mikir keras*


Salam Ramadhan

-ANR-

6 komentar:

  1. Di tv juga sering diberitain nih Gojek :D

    BalasHapus
  2. Disini mah nggak ada ya..., tapi so far lihat mereka yang pakai Go-Jek kayaknya keren >.<

    BalasHapus
  3. Wah ceban Ramadhan ini di perpanjang yak, wah enak nih keliling Jakarta cuman 10rb :)

    BalasHapus
  4. "Hi!..
    Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my
    visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything."
    Ejurnalism

    BalasHapus
  5. Iya bner kmaren aku naik gojek uda 3x kata abangnya gratis mbk karena pakai go pay padahal di tempatku tertera harga go pay.

    BalasHapus
  6. Iya bner kmaren aku naik gojek uda 3x kata abangnya gratis mbk karena pakai go pay padahal di tempatku tertera harga go pay.

    BalasHapus