Sabtu, 16 Mei 2015

So, Goodbye tokobukuSCOOP

Beli buku online bukanlah hal yang baru buat saya. Kalau saya ngga salah ingat, barang pertama yang saya beli secara online adalah buku, namun saya sendiri lupa buku yang mana :D

Sampai one day, di awal September 2014, saya dipertemukan sama sebuah toko buku online baru bernama TokoBukuSCOOP yang bisa dibilang adiknya si SCOOP. Lalu apa bedanya? Kalau SCOOP lebih focus kepada yang serba digital, seperti majalah digital, buku digital, dkk. Sedangkan TokoBukuSCOOP focus kepada buku secara fisik.

Di awal kemunculannya, KoBu (panggilan pelanggan kepada TokoBukuSCOOP) menawarkan program yang menarik abisssss! Dijamin buat penggila buku pasti mupeng—termasuk saya. Waktu itu awal-awal promonya adalah semua buku dari beragam genre DISKON 50%. REALLY REALLY DISCOUNT 50% GAIS!

Awal-awalnya buku yang dijual masih terbatas pada terbitan Gramedia dan Mizan, jadi pilihannya juga benar-benar masih terbatas. Untungnya sih dulu benar-benar pilihannya masih terbatas, kalau ngga….pasti saya udah kalap abizzz.
Karena terbatasnya pilihan itu pula, jadi saya sanggup untuk ngepoin webnya KoBu. Saya lihatin satu-satu bukunya yang ada di list tanpa kelewatan. Akhirnya saya kepincut untuk register as member dan belanja beberapa buku. Tadinya pengen belanja buku fiksi semua…cuma ngga jadi, karena tiba-tiba mikir masa fiksi mulu… jangan fiksi mulu ah..

Saya beli 5 buku sekaligus saudara-saudara. Dalam kamus saya, itu bisa terhitung kalap sih -__- So, buku apa yang saya beli? Hmm… Saya beli buku Indonesia Mengajar 2 (padahal yang IM satu aja belum baca) -- Nikah Muda, Siapa Takut? -- Hair Quake -- The Notebook -- Tilawah Cinta Surat Ar-Rahman. 
Totalnya 136,800 terus masih dapet diskon 10% karena member baru, tapi ongkirnya kena 2 kg men! *tuh kan kebukti kalap… Yah secara keseluruhan 5 buku dengan diskon 50% + diskon 10% (karena new member) + ongkir 2 kg = Rp 137,120
Aishh.. kalau ngga ada diskon 50% ngga bakal saya beli buku-buku itu semua :p

Awal-awalnya, pelayanan pengiriman bukunya lamaaa banget. Untuk order pertama saya itu, saya harus nunggu kurang lebih 2 minggu. Untung sih, saya orangnya sabaran banget :p
Sebenernya, orderan pertama saya itu berisiko banget loh. Secara KoBu masih awal banget sebagai Toko Buku Online, bisa aja itu modus penipuan atau semacamnya lah.. but I take risk.. Demi diskon 50% gitu.. Setelah buku pesanan mendarat di rumah saya, saya puas…buku diskonannya benar-benar masih baru, original, dan benar-benar masih segel.
nih penampakan hasil orderan pertama saya di Kobu~

Karena proses pelayanan yang lama banget itulah, saya sempat menjadi saksi mata minjulnya @fiksimetropop kezel banget sama KoBu. Dan.. memutuskan bener-bener ngga mau belanja lagi di KoBu walaupun diskonnya menggiurkan *pukpuk KoBu xD
Saya lupa periode semua buku diskon 50% berapa hari, tapi ngga lama setelah saya order buku itu beberapa buku sudah kembali ke diskon normal (15%-25%). Promo selanjutnya adalah promo diskon 50% untuk buku-buku yang baru diinput, kalau ngga salah 1-2 harian untuk masing-masing buku. Jadi, masa itu saya benar-benar mantengin web KoBu untuk ngeliatin buku baru yang saya incer dan diskon 50% :P

Orderan kedua saya adalah kumcer Cerita Cinta Indonesia terbitan Gramedia yang saat itu ngehitz banget dan harganya lumayan menguras kantong. Saya dapet diskon 50% + diskon 30ribu karena pernah ngetwit hasil orderan di KoBu. Jadi.. kumcer CCI yang harga resminya adalah Rp 108,000 saya dapatkan dengan harga Rp 24,000. *Hidup KoBU* Total sama ongkir ya Rp 31,000. Proses pengiriman order kedua lebih cepat, karena saya hanya menunggu seminggu. Ketika paketku sampai lagi-lagi merasa puas, secara bukunya benar-benar Original gitu :))
Good book with Good price

Order ketiga saya adalah BUMInya Tere Liye dan lagi-lagi saya dapet diskon 50% karena saat saya order buku itu baru di input di web :p Total sama ongkir Rp 40,750. Orderan ini merupakan orderan terakhir saya di tahun 2014. Terus saya ngga order-order di KoBu lagi karena diskonnya sama aja kaya diskonan di TBO sebelah~
\o/

Sampai promo MayDay Madness awal Mei kemarin, dan KoBu ikut gabung dalam promo ini.... Lebih dari 200 judul buku pilihan di diskon dari 30%-70%.
Ada satu buku diskonan 50% yang bikin saya kezel, yaitu novel Not A Perfect Weddingnya Asri Tahir. Kenapa saya kezel? Ya karena...saya beli di toko buku dengan harga normal, sedangkan di KoBu di diskon 50%. Rasanya itu...asdfghkl.
Setelah stalking-stalking, akhirnya saya order buku Beasiswa 5 Benua dan Cinta Sehangat Pagi yang masing-masing diskon 70%. Ngga, saya ngga kalap lagi kali ini...cukup dua buku aja, soalnya pengeluaran masih banyak :p. Total sama ongkir Rp 46,600. 
Saya pesan buku tanggal 1 Mei, tanggal 2 Mei saya transfer, tanggal 4 Mei konfirmasi transfer diterima, tanggal 6 Mei secara tiba-tiba paket pesanan saya sudah mendarat.
In my mind, wah pelayanannya sekarang udah jauh lebih baik ya? Saya ngga harus nunggu seminggu.. :D
Terus, saya langsung pamer di twitter bahwa orderan promo MayDaynya sudah nyampe.
Welcome home, baby~

Keesokan harinya… Jeng..Jeng.. berita mengejutkan itu datang. Terkejutlah saya membaca twit @TokoBukuSCOOP bahwa per tanggal 6 Mei KoBu resmi berhenti beroperasi.
@TokoBukuSCOOP : Untuk kalian yang sudah transfer ke kami namun bukunya masih dalam proses, kami besok akan menelpon kalian untuk proses refund ya
Lalu, saya teringat kepada buku pesanan saya yang mendarat kemarin…. Alhamdulillah, terbebas dari refund yang mungkin prosesnya akan panjang…. (re : lama maksudnya)

Dari twit TokoBukuSCOOP diketahui alasan berhenti beroperasinya ini adalah karena keputusan pihak manajemen. Well, benar-benar mendadak banget keputusannya. Padahal promo MayDay Madness masih berlangsung hingga tanggal 7 Mei. Padahal pelayanannya semakin bagus, udah ada fitur COD pula buat pelanggan sekitaran Jakarta. *sedih*
Beberapa hari kemudian, saya tetap stalking twit si KoBu untuk melihat berbagai reaksi pelanggan : Kecewa. Pasti. Sedih. Pasti.
Lalu ada yang ngetwitpic bahwa orderan yang diterima dalam kondisi buruk. Kertas pembungkusnya sobek-sobek. Pokoknya parah.. Dan.. saya teringat kembali pada paket saya yang dalam keadaan baik-baik saja…. (._.)
Source pic : here

Well ya, terlepas dari itu semua. Saya cuma mau bilang :

KoBu terima kasih udah pernah ada. Diskonan gila, promo yang aduhai.. Cuma KoBu yang berani ngasih diskon gila-gilaan kaya gitu, dan mungkin karena diskon gila-gilaan itu lah yang membuat TBO ini ngga berumur panjang…. :’)
Thank you KoBu,
Terima kasih sudah memberi kesan yang baik setiap kali saya belanja.
Sebagai pembaca, saya harap ada penerusmu yang berani ngasih diskon gila-gilaan seperti KoBu :”)

\o/

10 komentar:

  1. Itu beneran diskonnya sebanyak itu? Gila. -___-

    BalasHapus
  2. Seriusan itu diskon sampe 50%? -__- Kalo gitu sih aku juga mau, tapi ah sudah tutup -_-

    BalasHapus
  3. Klo gue beli online malesnya itu kadang mahal di ongkir nya :''

    BalasHapus
  4. Ah iya mba aku inget waktu itu mba nge twit terus aku bales irit banget yaa, ah sayang banget ya udah tutup skrg. Ya di sisi lain emg pada kecewa juga sih dengan alesan di tutup tiba-tiba gitu.

    BalasHapus
  5. Kayaknya tutup gara-gara merugi kalau diskonnya sampai 50% gitu. Aaahhh!! Kenapa aku baru tahunya sekarang sik? Harusnya kan tahu dulu-dulu biar kebagian diskon juga! Hehehe

    Btw, salam kenal yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali! sepertinya sih gitu :)
      haha penyesalan memang selalu datang belakangan...

      Hapus
  6. Makasih Infonya,barusan saya buka web KoBu tapi gak muncul2...eh ternyata "Sudah Tutup"...kayak iklan tipi berlangganan

    BalasHapus
  7. Wah sayang ya.. Kayaknya mereka salah strategi dalam pemasaran :(

    BalasHapus