Rabu, 04 Juni 2014

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Selamat bulan Juni. 
Ramadhan almost coming!! :')
Ei. Let me share something deh. Tulisan ini pernah dimuat di Kampus Okezone tahun lalu, dan sekarang..aku ingin posting tulisan tersebut di blog ini karena sekarang lagi musim anak SMA yang lagi sibuk pilih-pilih jurusan di kampus-kampus kece. Yakan? Nah ini ada 5 Tips memilih  jurusan kuliah versi saya. Let's check it out! ;)

***
Yang tadinya pakai seragam, kalo udah kuliah bisa pakai baju bebas sesuka hati. Yang tadinya pelajarannya cuma ipa dkk serta ips dkk, kalo udah kuliah pelajarannya jadi lebih berkembang bukan hanya sekedar ipa dkk dan ips dkk. Hal yang paling penting untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebenarnya bukanlah dimana kita akan belajar, bukan dimana perguruan tinggi yang akan kita pilih, tapi yang paling penting adalah “apasih minat kita” “apasih jurusan yang kita mau?” “apasih yang cocok buat kita?
Galau buat milih jurusan untuk perguruan tinggi adalah hal yang wajar. Karena di perguruan tinggi sangat berbeda dengan SMA. Perguruan tinggi mempunyai banyak sekali jurusan-jurusan asing nan menarik. Menarik dari segi manapun, dari segi prospek kerja, dari segi kurikulum, dan tentunya menarik dari segi minat.
Disini ada beberapa tips untuk memilih jurusan di perguruan tinggi versi saya , let’s check! :
1. Jangan terpaksa
Banyak kasus seseorang merasa “salah” masuk jurusan di perguruan tinggi. Apa faktornya? Salah satu faktornya adalah adanya paksaan dari orang tua. Bukannya kita tahu sesuatu yang dipaksa ujungnya pasti tidak akan menjadi hasil yang maksimal? Jika orangtua kalian memaksa untuk masuk jurusan A tapi hati kalian sebenarnya di jurusan B, maka bicaralah baik-baik dengan orangtua kalian, yakinkan apa yang menjadi keraguan mereka.
2. Jangan ikut-ikutan
Nah faktor ini juga harus dihindari. Karena alasan teman “se-geng” dan tidak mau pisah sama temen geng ujungnya jadi ikut-ikutan. Misalnya si B mau masuk jurusan manajemen, si C ikut-ikutan, begitupula si D alasannya biar ada barengannya, kalo sebenernya ga minat gimana coba? Jangan takut tidak punya teman nanti, pasti bakal ada teman baru kok dari sabang sampai merauke :)
3. Jangan menyerah
Ada yang udah tau mau masuk jurusan apa, ada yang udah nyoba-nyoba tryout tes masuk perguruan tinggi tapi hasilnya katanya belum berhasil masuk jurusan itu. Jangan menyerah berikhtiarlah selalu! Kalau kamu udah yakin banget masuk jurusan yang telah kamu pilih,maka perjuangkanlah! karena kalau ada keyakinan dan ada kemauan disitulah ada letak kemudahan
4. Alternatif dan Realistis
Dalam memilih jurusan tidak cukup kalau kita hanya terfokus pada satu jurusan saja. Maksudnya? Kita harus siapkan beberapa alternatif (cadangan) jurusan yang tentunya tetap menjadi minat kita. Gunanya untuk apa? Kita tahu kan seleksi perguruan tinggi itu ketat? Jadi kita harus siap untuk 2 kemungkinan : kemungkinan terbaik dan kemungkinan terburuk.  Lalu realistis untuk apa? Banyak orang yang sebenarnya sudah tahu kemampuan mereka tapi tetap nekad memilih jurusan yang jauh di atas kemampuan mereka dengan alasan “siapa tau ada keajaiban” no no no.. itu ga ngefek saat tes masuk perguruan tinggi. Sesuaikanlah kemampuan kalian dengan minat kalian serta jurusan yang kalian pilih. Pasti ada kok jurusan yang kalian inginkan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian
5. Pray and Fighting
"usaha tanpa doa adalah kesombongan dan doa tanpa usaha adalah kesia-siaan". Seimbangkanlah antara usaha dan doa, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Keep believing!

3 komentar:

  1. Sekiranya di semester ke-2 atau ke-3 kita merasa pilihan jurusan kita salah (karena cara ngajar dosen nggak enjoy, nilai jelek, prospek kerja susah, dll) cobalah untuk tetap bertahan dan fokus pada apa yang menarik dari jurusan tersebut, sekecil apapun itu. Sebab, setiap jurusan nggak ada yang langgeng dari mulai kuliah sampai bekerja.

    BalasHapus
  2. Berhubung saya sudah mengalami yang namanya kebimbangan milih jurusan... saran saya sih cuma mau bilang, carilah jurusan yang ketika belajar kamu merasa sedang bermain, carilah jurusan yg jelas itu passion kamu :))
    salam skripsi!

    BalasHapus
  3. Halooo, salam kenal :).

    hasssh... emang,yaa yang namanya nentuin jurusan untuk kuliah untuk harus bener-bener penuh pertimbangan. Enggak boleh asal milih hanya karena ingin dilihat sebagai orang hebat karena bisa masuk fakultas atau jurusan yang bergengsi, tapi passion dan minat samasekali enggak feel disitu. Tapi alhamdulillah, untungnya saya enggak mengalami yang namanya "salah jurusan". Hehe... :D.

    Kak, mau followback blog aku enggak? http://ditamaa.blogspot.com/ . Makasih sebelumnyaaaaa :D.

    Salam... :)

    BalasHapus