Kamis, 19 September 2013

Kopdar 4 Transmania Jakarta :)

Transmania.... Awalnya sekedar tahu, sekarang jadi ingin tahu jauh jauh lebih dalam. Ibaratnya naksir seseorang, awalnya hanya suka, lama-lama pengen tahu apa kebiasaannya, apa kesukaannya, pokoknya semua tentang dia. That’s it!

Bermula dari boomingnya acara Yuk Kita Sahur..... Saat sesi joged Keep Smile caisar, terlihat crew-crew inframe—itu wajar, lalu melihat sekumpulan anak muda yang memakai kaos Transmania sambil membawa papan ucapan sahur : Selamat sahur transmania Bandung—itu membuat kepo tentang transmania. Ngefollowlah account transmania di twitter. Sampai suatu hari masih di bulan ramadhan admin transmania ngetwit yang intinya : mau ngadain kopdar bareng FD (Floor Director). Saya pun langsung tertarik, sesekali ngecek account transmania untuk mengetahui informasi lebih lanjut.


Singkat cerita, waktu itu hari lebaran (kalo tidak salah) ngestalking lah account transmania. Sampai kesebuah tweet-yang-diretweet oleh admin, tweetnya adalah sebuah foto anak transmania dengan Cinta Laura. Iseng2 ngezoom, dan tada……kok kaya kenal……..bukan..bukan…bukan sama Cinta, tapi anak transmania yang foto sama Cinta. Lalu ngeliat account twitter anak transmania tersebut, dan oalah…… ternyata teman sekampus saya yang beda fakultas (anak transmania itu = Fahri). Wah sudah makin excited saya ada teman sekampus yang jadi Transmania yang saat itu ikut terlibat menjadi crew offair Yuk Kita Lebaran.

Sampailah pada akhir Agustus 2013, admin ngetwit bakal ada kopdar Transmania angkatan 4 pada tanggal 7 September 2013, saya tunggu tunggu gimana cara ngedaftarnya kok belum dipublish-publish padahal  udah H-7 tanggal 7. Ternyata… acara kopdar 4 Transmania Jakarta dimundurin jadi tanggal 14 September 2013 . Selasa malam, tanggal 3 September 2013 dipublish cara pendaftaran. Dan saat itu saya langsung ngedaftar—niat abis. Tanggal 11 September 2013 sore, pengumuman siapa yang terpilih ikut kopdar 4, ternyata itu diseleksi. Dag dig dug kepilih engga ya kepilih engga ya. Pas liat pengumuman di fanpage transmania…..jeng jeng… ada nama saya.. Alhamdulillah, senang.. kepilih menjadi 100 peserta kopdar dari 742 peserta yang mendaftar :’) tau kan rasanya? Ba..ha..gi..a :)))
Flyer Kopdar 4

horee... ada nama akuuuu ~~
no 9! Ardina ! :))

Sampailah pada tanggal 14 September 2013. Hari yang saya tunggu-tunggu… Kopdar Transmania Jakarta Angkatan 4 di gedung TransTv. Duper excited, haha finally menginjakkan kaki ke TransTv. Terhura eh terharu eh lebay . berangkat jam setengah 11 dari rumah naik taxi , taxinya masuk tol..apa hasilnya? Jam 11 sudah nyampe trans, padahal registrasi jam 12. Wokeh wokeh cengo cengo. Ga ada temen…….eh ada deng temen, ketemu temen namanya Imas dan Anis, mereka dari Bogor. Yaudah alhasil kami bertiga yang baru kenalan menunggu bersama sampai registrasi dibuka.

Jam 12.15 sehabis solat kita registrasi di lobby Gedung TransTv. Terus harus menunggu (lagi), harus berapa lama aku menunggumu, aku menunggumu. sampai jam satu—dan itupun ngaret *uhuk*. Jam satu lewat, genapin 1.15 deh kita disuruh baris di lobby. Acara kopdar dilaksanakan di pre function gedung lantai 3A TransTv, alhasil kita naik lift ber10-ber10 gitu. Kalau ga salah, yang datang pas kopdar kemarin ga nyampe 100 orang, hanya 70an orang... dan saya salah satu diantara 70 itu. excited! :)
Registrasi.. registrasi...

Setelah semua peserta sudah berada di ruangan tsb, tak berapa lama kemudian acara dibuka oleh MC : Fahri dan Wulan, dilanjut dengan sambutan Ketuplak (Ketua Pelaksana) *awe awe* #IfYouKnowWhatIMean :p#. terus perkenalan singkat sama-sama “Mas-mas” Humasnya Trans yang ikut gabung di kopdar 4 ini sekaligus ngasih materi juga, ada Mas Tio, Mas Angga, dan Mas Adnan.
Sehabis perkenalan, pemutaran video company profile TransTv dilanjut dengan bagi-bagi ilmu oleh mas tio, selaku Public Relation. Kata mas tio : inilah enaknya Transmania Jakarta, kalian punya gedung Trans. (iya intinya kalau mau ada acara kopdar ga perlu repot-repot nyewa tempat, hemat biaya kan? *eh) akhirnya kopdar 4 transmania setelah 9 bulan berlalu dari kopdar 1 bisa balik lagi ke gedung Trans, soalnya kopdar  2&3 kopdarnya di gedung bank mega (gedung samping Trans), kenapa kopdar 2&3 ga bisa kopdar di gedung Trans? karena ruangannya (ruangan pre function) selalu full booked. Setelah mas tio menjelaskan tentang TransTv dan bagian2 yang ada di TransTv secara singkat, giliran mas angga yang ngebahas Transmania.
ini dia MC Kopdar 4 >> Wulan & Fahri

Sesi bagi-bagi ilmu bareng Mas Tio dan Mas Angga

Masih sesi sharing.... bareng orang-orang kece...

Pelajaran yang bisa saya petik dari materi/ilmu/sharing yang diberikan oleh mas angga dan mas tio adalah tentang Passion, setiap orang punya passion masing-masing dan berbeda, dan kita harus tau dimana dan apasih sesungguhnya passion kita. Ini saya petik dari statement mas tio yang bilang dia adalah lulusan Farmasi UGM dan mas angga yang lulusan IPB. Yang harusnya mas tio kerjanya main sama obat, yang harusnya mas angga bertani main kerbau eh rezekinya malah menjadi orang yang harus berkomunikasi dengan masyarakat--dengan pemirsa--menjadi orang Humas a.k.a orang Public Relation. Hikmah lainnya : Jurusan yang kamu tekuni sekarang belum tentu akan kamu tekuni beberapa tahun ke depan. Do What You Love, and Love What You Do

Habis dapat ilmu , kami relax sejenak, acara selanjutnya adalah Games, namanya Games Kuda Bisik. Kami dibagi acak perkelompok dengan nama kelompoknya adalah program-program TransTv yang ngehits. Saya kebagian kelompok Bioskop Indonesia dengan mentornya Ka Dwi dan Ka Julia. Setelah berkumpul dengan kelompok masing-masing, kami berkenalan dengan singkat dengan sesama anggota kelompok. Lalu mc, meminta salah satu mentor maju ke depan untuk mencatat kata yang harus dibisikkan ke anggota kelompok. Yak singkatnya mentor membisikkan ke orang pertama, orang pertama bisikkin ke orang kedua, hingga sampailah kepada orang terakhir masing-masing kelompok untuk maju ke depan mengucapkan kalimat yang dibisikkan untuk dikroscek kebenarannya #tsahhh. Terkadang kenyataan berbeda dengan apa yang direncanakan. Sstt..dikelompok kami kita ga bisik-bisik , kita ngebaca kalimat yang sudah dicatat mentor, dan kalimatnya itu tararengkyuuuu sekali loh panjang-panjang dan hampir-hampir sama gitu jadi untuk dihafal itu sulit karena kami ga konsentrasi karena belum makan siang (wahahaha late lunch gitu). Oke singkat kata, team bioskop Indonesia kalah -_- dan pemenangnya adalah team Sketsa.
Salah satu kelompok yang sedang kenalan-kenalan 
saat sesi games Kuda Bisik
ini dia kelompok SKETSA pemenang games Kuda Bisik


Puncak acara…. Ini yang ditunggu.. special guest for kopdar 4, please welcome…….Floor Director TransTv, yeayyyy... sharing time bareng Ka Purwono (Ka Pewe), ka Tomo, dan Ka Oritama—yang telat tapi ikut gabung. Sharing diawali dengan penjelasan tugas seorang FD, satu statement yang saya ingat dari penjelasan ka tomo tentang tugas FD “fd tugasnya bukan hanya 5..4…3…2…1 lalala yeyeye NO……….”. Mereka juga cerita kalo FD harus bisa ngejaga mood penonton apalagi salah satu acara TransTv yang lagi booming adalah “yks” yang kata ka tomo “itu lama bangetttttt”, disamping ngejaga mood penonton mereka juga harus ngejaga mood diri sendiri. Udah deh kalo ngomongin mood-mood-an ka pewe dan ka ori langsung kepancing buat curhat tentang patah hati-patah hati gitu -_-
pembicaranya kece kan?
Ki-Ka : Ka ori, Ka Pewe, Ka Tomo

sesi sharing bersama Floor Director YKS \m/
yang GA ikut kopdar 4 mana suaranya???

Acara sharing kepending sebentar untuk foto-foto. Iya foto-foto bareng Special Guest ini. Foto bareng Ka Ori, Ka Pewe, Ka Tomo dan kelompok yang tadi sudah dibentuk untuk games. Habis foto masih lanjut lagi sharing sesi Tanya jawab. Dan semakin sore, kopdar 4 ini semakin seru bangeeeetJ. Beberapa orang sudah bertanya dengan pertanyaan yang cukup “berat” dan serius, jadi saya memutuskan untuk mengacungkan tanya dan bertanya juga.. pertanyaan yang ga seius dan ga berat. Pertanyaan santai.. hehe seperti ini :
Ardina : nama saya ardina, dari universitas esa unggul. Saya mau bertanya, tadi kan pertanyaannya pada serius-serius gitu, saya mau nanya ga serius boleh kan?
Ka pewe : wetsss ga boleh
Ardina : ………..dulu kan kalian belum terkenal..
Ka Pewe : kata siapa kita belum terkenal? Kita terkenal
Ardina : belum terkenal sama masyarakat, belum punya fans
Ka Pewe : saya ga punya fans, ori yang punya *sambil nunjuk ka ori* -___-
Ardina : itu peweholic ka...... beban ga sih sekarang kalian udah dikenal masyarakat, nurunin atau ningkatin profesionalisme kalian dalam bekerja?
Dan pertanyaan pun dijawab, tetep..intinya..saya dicengin ka pewe *huh*. Inti jawaban mereka semakin dikenal masyarakat, profesionalisme ga menurun pasti lebih meningkat. Mereka juga ngebahas tentang account social media mereka yang laris diserbu para penggemar masing-masing :)) *nyesel deh yang ga ikut kopdar* *mancing-mancing*

Sebelum ditutup para FD memberi wejangan :D
Ka Tomo : Dua kata buat yang Jomblo : tersenyum dan jatuh cintalah
Ka Pewe : saya ngasih pesan apa ya? Saya juga jomblo (-____-)
Ka Ori : Jangan pacaran sekantor, ga bebas (o…..ke….ka)
kelompok akuuu lohh~ 
Bioskop Indonesia with FD n Mas Angga

Panitia Kopdar 4 yang ga mau kalah eksis
ikut sesi foto juga bareng FD yang ga kalah eksis

Salah satu peserta kopdar yang bawa karya kreatif :D

Sharing pun diakhiri sekitar jam 5 sore..  para FD langsung pergi karena mereka harus bekerja untuk standby acara YKS yang akan live jam 8 malam.
Kita diberi waktu Ishoma. Setelah beres ishoma, acara terakhir adalah pemberian PR (pekerjaan rumah) dan penutupan. Katanya ini special buat kopdar 4, kita dibuat kelompok (lagi) tapi yang berbeda dengan games, kita dibuat kelompok berdasarkan domisili tempat tinggal…Ja-Bo-De-Ta-Bek. pr-nya adalah : tugas kelompok--untuk mereview program transtv dan membuat power point, dan tugas individual--untuk menceritakan pengalaman kopdar di blog.
Setelah semua mengerti tentang tugas yang diberi, acara kopdar transmania angkatan 4 resmi ditutup, lalu kita turun ke lobby untuk sesi foto bareng.. :’)

@Lobby Trans

Petcahhhhhhhh

Oiya!!!!! satu lagi.... aku menang loh.. dapet hadiah... karena Live Tweet terbanyak selama acara Kopdar 4 berlangsung hehe :3
nyuri-nyuri ngetwit saat sesi acara :3
eh menang dapet official merchandise Trans :))

Alhamdulillah, saya bersyukur banget , ga menyesal, bisa ikut gabung di acara kopdar transmania angkatan 4 ini. Banyak pengalaman, ilmu, banyak teman baru yang saya temukan di acara ini. Walaupun saya bukan kuliah di bidang komunikasi (saya anak Kesehatan :p—jurusan kesmas) tapi saya senang banget bisa gabung di acara ini :’D. Siapa tau one day bisa gabung di transcorp (aamiin.. who know?).

Last.. Terimakasih semua panitia Transmania, terimakasih mas tio, mas angga, dan mas adnan atas ilmu dan sharingnya. Terimakasih juga buat ka pewe--makasih udah ngecengin saya mulu pas nanya, ka ori, ka tomo yang udah membuat kita lebih mengenal tentang cara kerja Floor Director, wejangan, keseruannya, tingkah lakunya yang bikin kita pengen senyum-senyum terusss. Dan satu lagi.... Terimakasih banyak buat kakak-kakak panitia yang udah nyusun acara seseru ini--semoga kopdar 5 saya bisa jadi salah satu panitia acaranya hihi Aamiin. Semoga kita bertemu dan bekerjasama di lain kesempatan. Aamiin. Tararengkyuuuu so much for this opportunity J Salam Sukses buat semuaaa.. J)

Sumber Foto : Ka Meilida Rosalia - Sesi Dokumentasi

5 komentar:

  1. Keren kak :) salam kenal yaa ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you :)
      iya salam kenal jugaaa^^

      Hapus
    2. iya kakak sama-sama ^^
      Aku anggota kopdar 5 kak :)

      Hapus
  2. anak surabaya bisa gak jadi transmania...
    klau bisa gimana caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok.. tapi untuk caranya coba tanya KorWil Surabayanya aja :)

      Hapus