Selasa, 22 Mei 2012

life is hard to choice.

Cause life is a choice.
Buat yang baru lulus SMA makna dari kalimat ini pasti akan berasa banget.
Apa lulus SMA mau kuliah, kerja, apa yang paling ekstrim menikah?
Ya. diantara banyak pilihan itu memang bikin geregetan, nyebelin! tapi terkadang kita lebih sering menutup mata dengan pilihan yang ada, kita malah lebih sering melihat pilihan lain yang sebenarnya 'agak' jauh dari harapan.. yah contoh simpelnya yah.. saya!
ehmm.. saya adalah salah satu alumni dari sebuah smk teknik. kalo ditanya sama orang 
"sekolah dimana?"
"di SMK ....."
"wah enak dong lulus langsung kerja"
"i-iya"
hanya menjawab dengan terbata, karena sebenernya hasrat yang ada di jiwa ini *halah* bukan ingin kerja setelah lulus, tapi ingin kuliah.
"kan bisa kuliah sambil kerja"
"senin-jumat kerja, sabtu-minggu kuliah"
"kuliah malem"
tapi ya.... saya ingin kuliah di perguruan tinggi negeri ! iya PTN! pengen banget. kalo ditanya kenapa? heem kenapa ya? entahlah saya sulit mendeskripsikan pertanyaan mudah itu.
saya yang berlatar-belakang SMK , mau ga mau harus kerja keras dong ya kalo mau masuk PTN? ya kan? ya iyalah.. materi SMA kan 180 derajat berbeda sama SMK -_- ketika teman-teman SMA saya pada mencintai pelajaran biologi (misalnya) mungkin saya hanya bisa cengo karena buta biologi X_X
akhirnya setelah rayu-rayu orang-tua buat ikut bimbel, akhirnya mereka ngizinin. yah awalnya mereka ga terlalu pengen saya bimbel, alasannya 
"tar kecapean"
"bimbelnya malem"
dan lain sebagainya.
mama pernah ngomong : "udah ga usah bimbel. pasti kamu bisa kok masuk ptn tampa bimbel"
dalem hati                    : "HAHA!"
yang diomongin            : "ma.. ptn kan susah, smk aja ga belajar biologi! gimana mau masuk? cuma mengandalkan hoki?"
kenapa ga PTS? heem.. entahlah masih kurang sreg -_- padahal sih udah pernah keterima di PTS bandung lewat jalur rapot, tanpa tes! masuk jurusan pilihan pertama! teknik industri!!! tau akhirnya? saya ga ambil! nekat? pikiran saya "membuang harapan baik untuk harapan yang 10x lipat lebih baik, kenapa tidak?"
atau.. heem.. abis UAN di sekolah saya ya lumayan banyak perusahaan yang silih berganti datang untuk menawarkan diri merekrut karyawan. tau apa yang saya lakukan? saya ga nyoba satupun! nekat? yah ini baru nekat.
sekali lagi karena hidup sebuah pilihan. heemm.. gimana ya nasib saya selanjutnya? keterima di PTN kah? yah kadang ngeri juga sih kalo memikirkan kemungkinan terburuk, tapi yah berprinsip "man jadda wa jadda" aja deh "siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil"

tambahan! dari grup di face-book:

Ketika kita mengeluh : “Ah mana mungkin...”Allah menjawab : “Jika AKU menghendaki, cukup Ku berkata “JADI”, maka Jadilah” (Yaasiin ; 82).
Ketika kita mengeluh : “Capek banget gw...”Allah menjawab : “dan KAMI jadikan tidurmu untuk istirahat” (QS.An-Naba :9)
Ketika kita mengeluh : “Berat banget, gak sanggup rasanya...”Allah menjawab : “AKU tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupan” (QS. Al-Baqarah : 286)
Ketika kita mengeluh : “Stressss nih, Panik...”Allah menjawab : “Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang” (QS. Ar-Ro’d :28)
Ketika kita mengeluh : “Yaaaahh.. ini mah semua bakal sia-sia...”Allah menjawab :”Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya” (QS. Al-Zalzalah :7)
Ketika kita mengeluh : “Gila aja, gw sendirian gak ada seorangpun yang mau bantuin...”Allah menjawab : “Berdoalah (Mintalah) kepada-KU, niscaya Aku kabulkan untukmu” (QS. Al-Mukmin :60)
Ketika kita mengeluh gak lolos tes / interview buat kerja : “ Duh.. sedih banget deh gw, Galaaau”Allah menjawab : “La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita:. (QS. At-Taubah :40)

0 komentar:

Posting Komentar