Selasa, 29 Desember 2015

Yuk Kenalan Sama Aplikasi iJakarta

Ada yang tahu aplikasi iJakarta?
Ada yang sudah download aplikasi iJakarta?
Ada yang sudah menjadi user di iJakarta?

Saya sangat merekomendasikan kalian untuk download aplikasi kece ini di smartphone.  
Apa sih iJakarta itu? iJakarta merupakan perpustakaan digital yang dibuat oleh perusahaan pengembang aplikasi PT Woolu Aksara Maya (Aksaramaya) bersama Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta. iJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital yang berisi gabungan berbagai perpustakaan digital milik pemerintah daerah, institusi pemerintahan, institusi swasta, kedutaan besar negara, tokoh masyarakat, hingga masyarakat.
Tampilan iJakarta. #Newbie

Selayaknya perpustakaan, user dapat meminjam berbagai macam buku dari berbagai macam genre yang tersedia di rak buku iJakarta. Aplikasi iJakarta dilengkapi dengan reader untuk membaca buku-buku yang dipinjam. 
Syarat peminjaman buku cuma satu yaitu kalian telah terdaftar dan menjadi anggota di iJakarta. Cara daftanya gampang banget, bisa menggunakan email atau facebook. Setelah itu? Kalian bisa pinjam buku digital yang kalian suka sepuasnya dan yang menyenangkan adalah…semua buku yang tersedia di iJakarta bisa dipinjam secara cuma-cuma alias gratis! Dan saya bisa bilang, koleksi buku yang ada lumayan bikin senang, karena bagus-bagus. Aplikasi ini lumayan banget buat penghematan bagi yang mereka doyan jajan buku.

Koleksi bukunya apa aja emang? Banyak banget ! Ada buku pelajaran dari sekolah hingga universitas, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah dan masih banyak lagi.

Bahkan koleksi buku fiksi alias novel pun ada banget! Sebagai pembaca novel garis keras *halah*, saya bahagia banget Gusti! Koleksi novel di iJakartanya buat senyum-senyum banget. Tuh jajaran novel—terutama terbitan GPU ya—yang ada di Gramedia, bisa kalian temukan di iJakarta. 
Hah serius? Serius! :)) 
Nih bukti koleksi novelnya keren-keren!

Bahkan novel sehits Critical Eleven milik Ika Natassa dan In A Blue Moon milik Ilana Tan udah ada di iJakarta. Btw, kemarin saya baru beres baca In A Blue Moon, bacanya hasil minjem di iJakarta loh :D   
Ya intinya untuk sekarang-sekarang ini, koleksi buku di iJakarta masih didominasi oleh GPU. Well, saya sih lagi nungguin dominasi Agro Media Group terutama koleksi Fiksinya (Gagasmedia) di iJakarta. Semoga koleksi fiksinya Gagas segera meramaikan iJakarta :)
Sekilas Fiksi Remaja. Koleksinya seru-seru!

Btw, buku-buku yang kita pinjam di iJakarta ada batasnya loh. Dalam satu hari kita bisa pinjam maksimal tiga buku. Nah, batas peminjaman satu buku adalah tiga hari. Jika lewat dari tiga hari maka buku tersebut otomatis akan hilang dari rak buku kita.

Tidak hanya untuk meminjam dan membaca secara digital, iJakarta juga dilengkapi fitur agar user dapat berinteraksi satu sama lain seperti di media sosial, yaitu fitur follow, comment, share dan recommend. Oiya, iJakarta bisa digunakan secara offline tapi hanya sebatas untuk membaca buku dengan syarat buku tersebut sudah kita pinjam lalu sudah diunduh.

Saya baru seminggu sih pake aplikasi ini, tapi ya so far puas. Tapi, masih banyak yang harus diperbaiki sana-sini. Sekarang saya mau inget-inget dulu novel-novel apa saja yang udah sukses saya baca menggunakan iJakarta. Hmm… 
1. Kismet (Nina Addison), 
2. Twivortiare 2 (Ika Natassa), 
3. French Pink (Prisca Primasari), 
4. Lho, Kembar Kok Beda dan Kembar Dizigot (Netty Virgiantini), 
5. Dikatakan atau Tidak Dikatakan Itu Tetap Cinta (Tere Liye), 
6. Jodoh Untuk Naina (Nima Mumtaz), 
7. In A Blue Moon (Ilana Tan)…
8. dan masih akan terus bertambah. \o/
Pinjaman terbaru

Oke, jadi apa yang harus diperbaiki di aplikasi iJakarta? 
Pertama, kolom pencarian. Untuk search buku masih susah. Masih susah disini maksudnya bukunya sebenarnya ada, tapi pas di search ngga ada. Contoh : Koleksi buku Ika Natassa di IJakarta ada buku Antologi Rasa, Twivortiare 2 dan Critical Eleven (itu yang saya temui sih). Pas saya search dengan keyword Ika Natassa yang keluar hanya Antologi Rasa. Sedangkan saat saya search dengan keyword Twivortiare 2 / Critical Eleven buku tersebut tidak muncul di hasil search, padahal buku tersebut ada di iJakarta. 
Kedua, pencarian di Kategori Bacaan. Karena novel yang saya mau pinjam ngga muncul di hasil search, akhirnya saya harus cari di Kategori Bacaan à Buku à Fiksi Remaja. Lagi-lagi saya ngambil contoh mau pinjam Critical Eleven aja ya..hehe. Nah untuk menemukan Critical Eleven saya harus usaha banget dengan cara scroll-scroll-scroll. Ngga efisien gitu. For first time, scroll dari atas sampai bawah sih ngga masalah—biar sekalian tau koleksi buku apa aja sih yang ada—tapi untuk second time, third time dan seterusnya harus scroll-scroll-scroll demi minjem buku yang kita mau agak gengges loh.
Ketiga, Ereader. Masih kurang nyaman. Padahal fitur ereader dipanduannya nih disini sudah cukup menarik loh. Katanya ada fitur Change Font Style, Change Font Type, Line Spacing, Change Theme. Tapi nyatanya sih fitur tersebut belum ada.
Tampilan ereader iJakarta

Left : Tampilan Curl
(+) balik halaman selanjutnya kaya balik buku fisik (-) ngga bisa di zoom
Right : Tampilan Vertical/Horizontal (my fav is horizontal, btw)
(+) bisa di zoom (-) balik halaman ngga kaya balik buku fisik

Keempat, Notifikasi antrian peminjaman buku. Ngga semua buku yang yang mau kita pinjam tersedia saat itu juga, mungkin saja stocknya kosong karena dipinjam user lain. Jumlah stock satu buku berbeda-beda. Kalau kita masih ingin pinjam buku kosong tersebut, kita bisa memilih pilihan Antri dan otomatis akan masuk ke daftar antrian. Jika bukunya sudah tersedia kembali maka akan ada notifikasinya. Cuma, notifikasinya masih mau-mau-ngga-ngga :)) Kadang muncul lebih sering ngga. :p 
Left : buku tersedia, tinggal klik Pinjam
Right : buku tidak tersedia, klik Antri

Saya menunggu banget update perbaikan-perbaikan dari iJakarta! Hehe.

Nah itu komentar saya tentang iJakarta. Yang udah download juga coba mana komentarnya? Yuk share, kira-kira gimana pendapat kamu tentang aplikasi yang bermanfaat ini? Hehe.
Saya udah share aplikasi ini di Path dan seorang junior saya berkomentar seperti ini masa :
Minta dicubit deh si Delina! Haha.


Kalau saya lihat di play store, iJakarta baru diunduh kurang lebih seribu kali. Bah… aplikasi sebagus ini baru diunduh segitu? Yang belum download, download gih!! *promosi banget *tapi ngga dibayar *bukan promosi berbayar.
Btw, yang udah jadi user/baru mau download bolehlah follow user iJakarta saya. Search aja : Ardina Nur Rahma. Nanti, kita bisa share/recommend bacaan atau kita bisa saling sapa dan kirim pesan, mungkin? :)

With Love,
ANR



1 komentar:

  1. Menarik nih artikelnya...

    Visit juga sebutsajatius.blogspot.co.id ya :D

    BalasHapus