Kamis, 17 Desember 2015

Kumpul Penulis Pembaca 2015 : Their Hard Work, Paid Off



Sabtu lalu, tepatnya tanggal 12 Desember 2015. Acara Kumpul Penulis dan Pembaca a.k.a KPP yang diadakan oleh Gagasmedia Group kembali digelar. Tahun ini KPP diadakan di Galery 678 Kemang, selama satu hari penuh (08.00-19.00). Tema yang diusung adalah Kolaboratif singkatan dari Kolaborasi Kreatif. 

Ini merupakan KPP tahun ketiga yang diadakan oleh Gagasmedia Group dan spesial (halah) untuk tahun ini, saya mendapat kesempatan untuk terlibat dalam acara kece ini sebagai volunteer. I’m happy and zuper excited! 

Jadi, postingan kali ini saya akan mencoba merangkum keseruan #KPP15. So, here we go..
Saya udah ada di Galery 678 sejak jam 7 kurang. Sejak dekor venue masih cantik-cantiknya, sejak para-volunteer-laki-itu-mungkin masih tidur di tempat penginapan. 


#KPP15 diselenggarakan di tiga venue, Galery 678 sebagai main venue, Elmana Café sebagai venue untuk sesi Breakfast With Author dan Never Been Better sebagai venue untuk sesi Special Class. Sebagai main venue, Galery diisi dengan berbagai macam stand. Ada stand Merchandise, stand Shout Cap, stand Kopi Kelana dan stand buku dengan diskon 20% dan beberapa buku yang dijual dengan harga spesial (re: harga murah). Pokoknya, di Galery pengunjung dimanjain banget deh.
Mupeng! FYI aja sih, saya ngga borong sama sekali
*dompet aman fiuh*

Topi-topi kece yang berseliweran sepanjang KPP 
dipersembahkan oleh ShoutCap \o/

Sebelum panitia menyebar secara team ke venue masing-masing, Mba Windy memberikan briefing singkat untuk kami. Kata Mba Windy pada pagi itu : jangan lupa untuk bersenang-senang. :)) 

Karena KPP cuma satu hari—tahun lalu sih dua hari—maka acaranya lumayan padat banget. Pukpuk anak acara (._.)/|


Sebagai volunteer yang ngurusin konsumsi manteman panitia, redaksi serta pengisi acara maka saya harus stay di Galery 678 selaku main venue. Jadi anak konsumsi sih ngga ribet, cuma ngga enaknya ya ngga bisa ngikutin dan ngereview acara-acara kece di dalam Galery karena harus stand by di resto-belakang-galery. Hehe. 



Seperti yang terlihat di banner, pengisi acara #KPP15 kece-kece kan? Penulis 'senior' ada, penulis 'junior' ada, seleb ada, pihak redaksi yaitu editor dan desainer Gagasmedia Group yang ngasih materi pun ada. Lengkap. 


#KPP15 dimulai dengan acara Breakfast with Author bersama Bernard Batubara, Fahd Pahdepie dan Henry Manampiring. Saya ngga ikutan Breakfast with Author (yaiyalah kan stay di Galery), tapi saya yakin acaranya pasti seru. Lihat saja pengisi acaranya, menarik semuanya kan?!


Salah satu penulis junior yang ngisi acara #KPP15 adalah Cindy Gulla. Iya Cindy Gulla yang itu, yang mantan member jeketi~.Cigul ini baru ngerilis buku pertamanya yang berjudul Sweetness of Cindy Gulla yang diterbitkan oleh Bukune. 

Nah, salah satu teman volunteer yang bernama Ray kebagian tugas untuk menjemput seorang Cindy Gulla! Wohooo.. yang ngefans sama Cigul ngiri ngga tuh? :p Pas briefing hari Jumat, awalnya Cigul akan dijemput sama 2 orang cowo—Ray dan satu orang dari redaksi. Lalu setelah dipikir-pikir, apakah Cigul akan nyaman kalau dijemput sama 2 orang cowo? Akhirnya untuk kebaikan, Cigul dijemput sama Ray dan Ka Ayu. (Takut juga kalau Cigul dibawa kabur kalau yang jemput cowo semua HAHA). 
Pas tiba makan siang, saya nanya sama Ray :
A : Udah jemput Cigulnya? // R : (menjawab dengan semangat sekali) Udah dong. (boys will be boys, gais) // A : Sempat selfie-selfie ngga? // R : Ngga, mepet waktunya (sama waktu ngisi acara. Cigul ngisi acara jam 12.30). Kalau ngga mepet waktunya gue ajakin selfie deh.
Hehe iya Ray.. -_-

Makin sore acara makin rame. Terutama ketika Cigul mampir ke Galery—sebut sajalah untuk MnG—sehabis ngisi acara Afternoon Class di Never Been Better. Banyak juga kaum adam yang minta jatah selfie—berkali-kali dan sepertinya ngga puas-puas—bersama Cigul.

Tuh, Cigulnya di sebelah kanan. Lagi sibuk.
Kalau yang baju biru lagi ngobrol, namanya Satria (penulis Love Rebound)
Hai Sat! :)

Makin sore acara makin rame. Penulis muda pada berdatangan. Ada Marco dan Reza, dua selebask yang kemungkinan besar akan menerbitkan buku di tahun 2016. Ada Satria (Love Rebound) , Arie Je (Keset Kusut), Mas Dimas dan ada Mas Arief-nya teteh Gladies yang menyempatkan diri mampir ke KPP. Sesungguhnya, mau banget nyapa Satria dan Arie… tapi daku malu~ ahahaha-oh-please..! :p 
Anak askfm pasti tahu mana Marco mana Reza~

Salah satu momen favorit saya adalah ketika melihat para penulis dan editor saling bercengkrama di pojok penulis. Semacam komposisi yang sempurna, hehe.
Pojok Penulis :
Penulis saling ngobrol ada,
Editor dan Penulis saling ngobrol juga ada.


Ada satu sesi menarik dalam KPP, yaitu sesi Author On The Stage. AOTS ada di setiap jeda antara satu sesi ke sesi lainnya di Galery. Saya cuma sempat lihat AOTSnya ka Falen dan ka Bara. Ka Bara tampil menyanyikan lagu More than Words dan satu lagu dari SO7. 
Kakak Falen (author of See You, When I See You)
sedang unjuk kebolehan~

More than words~

Sesi penutup dalam #KPP15 adalah Sunday Meeting bersama Adhitya Mulya, Aan Mansyur dan M. Irfan Ramli, serta dimoderatori oleh mba Windy. Beuh, sesi penutup yang sempurna… (sstt.. saking serunya sesi ini sampai over duration 10-15 menit loh, hehe)


Habis sesi Sunday Meeting selesai dan pengunjung pada bubar, Ka Idha dari redaksi unjuk bakat bernyanyi. Teman-teman redaksi dan volunteer pada heboh di depan stage dan sing along. Ketika melihat mereka heboh di depan stage, sing along, sambil berangkulan saya tersentuh. 
Their hard work, paid off. :')
Alhamdulillah acaranya sukses, tingkat partisipasi peserta pun meningkat daripada tahun lalu. Congrats, team! :)
Yang ditengah lagi sing along : Terlalu lama sendiri~

Sehabis nyanyi-nyanyi bareng ka Idha, dilanjut dengan foto-foto bareng lalu beres-beres Galery. Yang mana beres-beres, copotin dekorasi dan banner itu ternyata lebih cepat ya ketimbang pas masangnya -__-. 
Sebelum pulang ada evaluasi singkat bersama mba Windy kembali. Ka Argo selaku Pak Ketua acara KPP ini sudah dalam kondisi terlihat-lelah-bin-tepar-banget pas evaluasi. But yeah, Selamat Ka Argo dan team! Acaranya sukses :))
Team #KPP15 \o/


Saya senang sekali bisa terlibat dalam acara kece ini, kenal orang baru, bisa seru-seruan dan bermain bersama teman-teman volunteer, panitia dan redaksi. Ka Ade, Ka Argo, Ka Cibo, Ka Umar dkk makasih bimbingannya, nanti kalo mau bermain lagi jangan lupa ajak-ajak aku ya kakak-kakak, hehe.


Sampai jumpa lain waktu. 



Dear Gagasmedia Group,

Ku menunggu acara-acara seru kalian di tahun 2016 yes! :)



Cheers,
ANR

4 komentar:

  1. Aduh, pengen banget nih dari dulu ikutan nimbrung di setiap agenda kegiatannya GasMed. Tapi sayang euy di Jakarta mulu, aku mah yang di Bandung jadinya Mizan lagi, Mizan lagi. Bagus juga sih, tapi kurang kekinian. :v

    Salam kenal, Mba Ardina. :)
    http://penjajakata.com/

    BalasHapus
  2. Kapan ini kapaaaan? Aku pengen borong ih diskon gitu :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kelewatan kamu, hehe. KPP udah seminggu yang lalu

      Hapus