Senin, 28 September 2015

#CeritaMagang : Bertemu dengan Senior

Salah satu hal menyenangkan di tahun ini adalah Internship alias Magang. Karena saya ngambil peminatan Manajemen Rumah Sakit maka lahan magang yang saya ambil adalah Rumah Sakit. Saya udah punya beberapa list Rumah Sakit yang saya incer sebagai tempat magang, namun jodoh saya untuk magang kali ini ada di RSJ Grogol. RSJ? Rumah Sakit Jiwa? Yes, it’s true.

Saya magang bersama tiga teman saya : Wiwi, Ika dan Eka. Kebetulan dosen pembimbing saya dan Eka sama, jadi kami berdua magang di bagian yang sama. Sedangkan Wiwi dan Ika magang di bagian yang lain. Dari sekian banyak bagian yang ada di rumah sakit, unit yang saya dan Eka observ adalah Unit Rekam Medis (RM). Tentu ada alasan dibalik pemilihan unit ini. Yang saya ngga pernah tahu, nantinya dosbing saya dan Eka akan mempermasalahkan habis-habisan pemilihan Rumah Sakit tempat kami magang. Oh Kenapa? Heuh, saya ngga mau ngebahas hal itu lebih lanjut. Mungkin kapan-kapan—kalau saya mau ya—saya akan bahas hal tersebut.
Salah satu hal seru ditempatkan di unit RM adalah…bertemu senior! Especially for me, ada dua jenis senior. Senior golongan pertama adalah mereka yang dasarnya senior saya di kampus. senior beda jurusan sih dan mereka udah lulus. alumni-senior-beda-jurusan-heh. Senior golongan kedua adalah staff RM yang rumahnya di sekitar kompleks RSJ dan kenal sama keluarga saya. Jadi, keluarga Bapak saya dari jaman dulu memang tinggalnya di kompleks RSJ, Alm. Kakek & Nenek pun kerja disana. Sekarang yang nempatin rumah di kompleks tinggal Uwa' saya. Maka pas hari pertama magang terjadilah dialog seperti ini :
A : Uwa saya tinggal di kompleks loh pak
B : Oh iya? Masa? Siapa?
A : Uwa X
B : Oh,keponakannya X. Kakek Nenek kamu juga pernah kerja disini kan?
Golongan senior tersebut dua-duanya menyenangkan, namun yah you can guess, senior golongan pertama dipastikan lebih menyenangkan! :p

Meet our senior(s) : Senior Golongan Pertama.
Sebelum magang dimulai, saya memang sudah tau ada senior yang kerja di RSJ, terutama di unit RM. Namun, saya ngga tau pasti ada berapa banyak senior yang bekerja di unit RM. Salah satu senior yang saya tau kerja disana adalah Ka Putu. Kebetulan pas zaman jadi MaBa, saya di ospek sama doi. Eh pas magang ketemu doi lagi, hehe. Butuh waktu beberapa hari untuk tau ternyata ada enam orang senior RM yang kerja di RM RSJ. Yang lucu, mereka berenam semuanya seangkatan di kampus, angkatan 2010. Nah, buat kami, sebagai anak magang, hal ini tentu menyenangkan. Kenapa? Ya tentu membaur dengan senior yang notabene satu almamater jelas lebih gampang kan? :P Ok, i'll tell you about them, one by one ;) Leggo!!

Ka Putu. Ketemu cuma di tiga hari pertama magang dan empat hari di minggu terakhir saya magang. Selebihnya ngga katemu, karena saat saya lagi magang, dia malah menghabiskan waktu untuk liburan di kampungnya, Bali. Bukan sembarang liburan sih haha, dia ikut tes penerimaan pegawai di salah satu RS di Bali. Dan keterima. Dia pun memilih untuk resign dari RSJ dan pindah ke Bali. Jadi, di minggu terakhir saya magang juga menjadi minggu terakhir ka Putu kerja di RSJ. So, saat saya menulis ini, orang yang saya ceritakan emang udah stay di Bali. Hai Ka Putu, baik-baik yee di kampung sendiri :p

Bang Sigit. Yang saya tau,doi akrab sama Ka Putu. Selebihnya ngga tau haha. Salah satu moment yang saya ingat adalah ketika dia lagi dapat tugas di ruang penyimpanan. Sekitar jam 10 atau 11—saya lupa pastinya—dia memutuskan bikin mie goreng…dua bungkus. Jangan bayangkan bodynya bang Sigit kurus kerontang ya, jangan pernah! Karena bodynya emang subur, dibuktikan dengan dua bungkus mie goreng. Hahaha. Terus abis makan mie, doi nyeduh susu milo. Habis itu dia kebegahan sendiri -__-

Bang Fahmi. Mungkin senior RM yang jarang saya temui saat magang adalah Bang Fahmi. Karena pas saya magang, bang Fahmi emang lebih sering dapat jatah shift siang/malam. Bisa dihitung dengan jari berapa kali dia shift pagi selama saya nugas di RM. Pertama kali saya ngelihat bang Fahmi adalah di hari ke-4 magang. Jujur, pas pertama kali ngeliat dia, saya kaget sendiri. Bukan karena mukanya serem atau apa, tapi mukanya tuh mirip sama temen saya yang namanya Farandi. Jadi dalam hati bergumam sendiri : 'Ih kok mirip Farandi sih' 'Kok Farandi disini'. Kalau saya bisa menyematkan predikat senior RM RSJ terCalm, saya akan berikan predikat tersebut ke Bang Fahmi. Hai Bebeb..

Bang Ogi. Yang bang ogi ngga pernah tau, pertama kali saya ngelihat doi yang terlintas di pikiran saya adalah Lah mirip Raditya Dika? Di hari ke-sekian nugas pengen sih bilang Bang lu ngerasa mirip Raditya Dika ngga sih? Cuma ngga jadi. Bisa dibilang, saya dan Eka lebih sering berinteraksi sama bang Ogi. Pernah tuh empat hari berturut-turut nugas bareng sama bang Ogi mulu. Kalau ada kami, ada bang Ogi. Ada bang Ogi, ada kami~~ *huek* Topik ngobrol kami macem-macem, dari sharing ilmu RM sampai ilmu cinta. Orangnya tipe extrovert abis, apa yang ngga ditanya kadang lebih sering diutarakan lebih dulu. Dan dia demen banget sama Chelsea Islan. Pas saya nunjukin foto Instagram Chelsea Islan depan muka dia, astaganagaaa… matanya itu loh.. buset berbinar-binar amat. Bang, jaga mata! 

Beberapa kali,abis istirahat mereka sering banget membahas topik ini—Ogi, Sigit, Fahmi. Mereka ngebahas tentang KPR dan lokasi rumah yang strategis. Walaupun saya cuma jadi pendengar, tapi saya seneng banget loh ngedengar mereka, di umur mereka yang sekarang udah se-visioner itu untuk bekal keluarga kecil mereka di masa depan. Jadi kalau saya ketemu mereka lagi, salah satu pertanyaan utama saya dapat dipastikan : Gimana rumahnya udah dapat?

Ka Eca. Selama masa nugas, tempat favorit kami adalah ruang penyimpanan. Jangan tanya kenapa, pokoknya ruang penyimpanan yang letaknya di lantai 2 itu bikin peweeee abis. Sedangkan Ka Eca cuma beberapa kali dapat tugas di ruang penyimpanan selama bulan Agustus, selebihnya doi nugas di bagian bawah. Waktu pertama ketemu Ka Eca, ada satu hal sederhana yang buat saya bingung. Manggilnya : Bu, Mba atau Ka yaa? Saat itu, saya belum tau kalau ternyata Ka Eca juga senior RM. Karena jarang ketemu sama Ka Eca, kadang saya masih belibet manggil Ka Eca, kadang Mba kadang Ka. Ya serefleksnya aja –“

Ka Yanti. Kami ngga pernah berinteraksi sama Ka Yanti, karena kami jarang nugas di bawah dan Ka Yanti juga jarang nugas di atas. Saya pun baru tau kalau Ka Yanti senior ya beberapa hari sebelum magang selesai. Saat saya nulis ini, Ka Yanti udah resign dan pindah kerja ke Puskesmas.

Selain senior RM yang saya temui, saya juga ketemu sama senior yang satu jurusan. Namanya bang Robi. Dia alumni D3 RM juga, pas tahun 2014 dia ngelanjutin S1 peminatan MRS—sama kaya saya dan Eka—eh terus setelah dua semester—mungkin—dia pindah peminatan ke K3 dengan alasan yang sungguh amat absurd : mata kuliah yang gue mau ambil udah habis, gue pindah ke K3 biar masih bisa ketemu temen-temen. See? Absurd kan bapak 2 anak 1 istri ini?
But, I owe him so much. Dia orang pertama yang saya hubungi untuk minta bantuan beberapa saat setelah judul magang saya ditolak dosbing. HEUH! Saya kirim WA ke dia dengan 5 emot nangis berjejer.
Saya inget banget, pas pamit ke dia di hari terakhir magang, dia bilang begini : lu bakal sering bolak-balik ke sini. Judul ditolak = Cari judul baru = Bolak-balik ke RS. DUARRR! Doa dia terkabul, Rese emang. Makanya alasan saya langsung contact dia waktu itu ya just want to make him know : Bang, doa lu terkabul.
Karena judul magang ditolak pas saya udah selesai magang, esoknya saya balik lagi ke RS. Ketemu bang Robi dan bilang begini :
A : Ah bang doa lu dikabulin
B : Ya elah din itu bercanda. Lu kali diam-diam dalam hati mengaminkan.
BYE!-__-
Alhamdulillahnya Bang Robi amat sangat membantu kami, dia janji bakal bantu nyiapin data yang saya butuhkan. Iyalah ngebantu, gara-gara doa dia kan tuh kami kembali lagi -__- *ceritanya masih kzl sama bang robi, ceritanya*
Yang kami ngga pernah tau, He know us—me & eka—very well. "Very Well".
Dan.. bang Ogi, dia ngebantu nyari ide untuk judul-judul baru yang memungkinkan, sharing ini-itu. Oh, I owe so much to all RM staffs :’) Moment saat wawancara Bang Ogi dan Bang Sigit merupakan salah satu moment yang seru, walaupun hasil wawancara kala itu sama sekali ngga digunakan untuk laporan saya T_T :’p

Bang Deddy. Ngebahas semua senior itu kurang lengkap rasanya kalau saya ngga ngebahas abang satu ini. Setiap saya nugas, dipastikan ketemu bang Deddy yang nugasnya Input Sensus di ruang penyimpanan. Saat saya balik lagi ke RS pasca judul ditolak, dia comment begini : cie masih kangen. Besoknya saya datang lagi, dia comment begitu lagi : masih kangen lagi?
Yailah bang, kangen terjadi ngga sesingkat itu kannn -__- Jadi........Bang apa kabar? Eh!

Menyenangkan bisa bertemu senior di tempat magang, bukan hanya satu dua orang, tapi enam eh delapan malah ya. Bisa sharing macem-macem, dari bahas kampus, lingkup kerja hingga hal absurd khas mereka.

Thank you for everything bang-abang. Thank you Ka Putu untuk berkotak-kotak jatah Serena Roll milikmu yang kami ambil, Thank you Bang Fahmi untuk ilmu singkat koding klaimnya, Thank you Bang Ogi & Bang Sigit untuk waktu chit-chat berkualitasnya saat wawancara, Thank you Ka Eca untuk segala kebaikannya, Thank you Bang Deddy udah ngizinin anak magang ngeboikot jatah kerjaannya dan Thank you Bang Robi untuk doa absurd lu yang dikabulin dan segala bantuan pas masa sedih itu :’))

Dear bang-abang and ka eca, kalau one day kalian baca postingan ini, uhm.. let me know ya! Hihi :p

Cheers!
ANR

3 komentar:

  1. mantap.. rsj grogol. gue sekolah di deket situ tuh... di kristo. tau nggak?

    BalasHapus
  2. Hai. Ijin blogwalking ya :)
    Ada lomba blog nih, hadiahnya keren!
    Klik aja link disini Makasih :D

    BalasHapus