Sabtu, 08 Agustus 2015

Kenalan Sama Periscope

Menurut saya, Path merupakan aplikasi hasil kombinasi dari Facebook + Twitter + Instagram + Foursquare. Kita bisa posting text, quote dan sejenisnya seperti fungsi Facebook dan Twitter. Kita bisa posting picture and additional caption seperti fungsi Instagram, and Twitter, and Facebook too. Right? Kita bisa update lokasi dimana kita berada seperti fungsi Foursquare.
Jiplak? No. Inovasi? Yes. #IMO. Kalian udah khatam-lah dengan segala seluk beluk fitur-fitur menarik yang ditawarkan aplikasi Path.

Nah.. sekarang muncul lagi sebuah aplikasi yang lagi ngehits khususnya di kalangan public figure tanah air—mungkin dunia juga, lagi-lagi kombinasi aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Namanya Periscope. Menurut saya, aplikasi ini merupakan hasil kombinasi Skype + Omegle.
Periscope adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk broadcast video ke orang lain, lebih tepatnya ke followers kita. Dan mereka bisa menonton broadcast kita secara live. Jadi, misalnya kita broadcast video sambil masak, followers kita bisa lihat kegiatan masak kita secara langsung via aplikasi periscope ini. Canggih ya? Selain itu, followers kita bisa ikutan live chat saat kita live broadcast. Followers yang ngechat bisa aja strangers yang kita ngga kenal sama sekali, macam Omegle kan? Periscope cocok banget untuk para public figure untuk berinteraksi bersama fansnya.
But, In my mind, kalau kita sebagai orang biasa—not as a public figure, ngebroadcast video jadi kesannya sih kaya narsis gitu. Agree? Haha, ya kan siapa lu. Dan..belum tentu ada yang nonton. 

Di salah satu Sabtu malam Minggu beberapa pekan yang lalu, Keenan pacarnya Raisa pernah tuh buat live broadcast tentang satnightnya bareng Raisa. Kapan lagi coba ngelihat Keenan-Raisa mesra secara live ngejawabin live chat yang masuk selain di Periscope? So cute, so natural, so real, so romantic… Dan, saya kurang kerjaan juga sih pake acara nonton broadcast tersebut. Ngapain orang malam mingguan di tontonin. But, back to basic.. they are cute overload.

Dari semua hal tersebut, tau kah alasan utama saya download Periscope—padahal awalnya saya ngga tau sama sekali Periscope itu apa? Yup, karena seorang Vidi  Aldiano bikin periscope ,bikin live broadcast and as a fans saya ngga mau melewatkan broadcast Vidi. HAHAHA. Ngeliatin live broadcast public figure—especially your idol—pasti demen deh. Bisa ngeliat gerak-geriknya saat live, bisa ngedenger dia jawab live chat, dan kemungkinan nama kalian disebut saat si broadcaster baca chat kalian.
Karena Periscope, jadi tau detik-detik sebelum Graduationnya dia :')

Kalau kata Keenan, Periscope itu tempat Hai platform ya? Setiap yang ikutan live chat bareng Keenan/Raisa/Pevita/Vidi—recommended to follow,btw—pasti chat utamanya adalah : Haiii ka, sapa aku dong? – Ka, salam dari Medan – and something like that.


If you love Pevita Pearce, you must download Periscope. Why? Karena si Pevita sering live broadcast kegiatan dia. Bahkan dari little thing—menjurus ngga penting—seperti first time dia menonton K-Drama dan yang dia pilih adalah The Heirs.

Tau komentar Pevita saat itu di Periscope? Ini baru awal, tapi aku udah bingung banyak karakternya

Oke, buat yang masih bingung main Periscope dan ingin tau bagaimana cara mainnya, I’ll tell :
1. Download aplikasi, kalau Android maksimal OSnya kitkat ya geng
2. Bikin akun periscope, bisa pake akun twitter. Habis akun terbuat, akan muncul akun followers kamu yang punya periscope. Kalau mau follow orang lain, tinggal search aja. Biasanya usernamenya sih sama kaya twitter.



3. Setiap orang yang kamu follow live broadcast, maka akan ada notif yang muncul di gadgetmu.
4. Mau live broadcast ala-ala public figure, just click red button on bottom. Pastiin punya koneksi bagus loh :p
Yap, kalau mau mulai broadcast, tinggal pilih yang warna merah itu.
Keliatan kan warna merahnya? :p

5. Mau ngechat di video orang? Tinggal ketik aja di say something. Mau ngelike broadcast orang? Tinggal tap-tap aja, nanti akan muncul lope-lope. Kalau kamu lagi nonton broadcast orang terus banyak lope-lope yang muncul, itu berarti broadcastnya di like banyak orang
Say something : Miss you so bad...

Broadcast too full = banyak yang nonton = ngga bisa live chat
*sedih*

Lope-lope~
kalau live chat dan lope-lope terasa mengganggu,
just click : hide chat.

6. Gampang kan? ^^ Enjoy gais. Tiati kuota abis.. Hehe.

Cheers,
-ANR-

2 komentar:

  1. Aku mah apa atuh da bukan public figure dan nggak ngerasa perlu untuk sekarang ini merhatiin seorang idol broadcast daily lifenya, sayang kuota juga :D

    BalasHapus
  2. Duh bebeb Pevita.
    Lagi ngehits nih Periscope, tapi males gabung, takut kecanduan euy kebanyakan sosmed.

    BalasHapus