Kamis, 23 Juli 2015

Twitter : Still here, Stay here

Beberapa hari lalu, saya iseng memasukkan suatu keyword di kolom search twitter. Saya memasukkan keyword username twitter saya dan username twitter seorang teman saya secara bersamaan. Dan tada… keluarlah tweet-tweet percakapan lama kami.

Lalu, saya mendadak baper T_T

Awal saya masuk SMK Telkom (2009) adalah masa perkenalan kita dengan media social bernama Twitter. Saya ingat betul saat MOS kala itu ada yang bertanya itu yang lambang burung aplikasi apa sih? Punya twitter? Masa-masa amatiran with Twitter yes? Majalah Teen pun masih mencantumkan cuplikan kicauan para seleb di salah satu halamannya.
Saya kira, saya buat Twitter sekitar Juli-Agustus 2009, ternyata....Desember. (Kala itu) Telat eksis setengah tahun kamu ya Din..
Dengan bantuan twbirthday.com, saya tau account twitter saya (@ardina_nr) dibuat pada tanggal 8 Desember 2009. It means..5,5 years till today :') Dua minggu sebelum Hari Ibu, ya terus?
Tidak butuh waktu lama agar si-Twitter menjadi salah satu media social yang ngehits abad ini.
Tidak butuh waktu lama agar Twitter, ya setidaknya, mensejajarkan posisinya bersama Facebook.
I must say, twitter adalah aplikasi di dunia maya yang betul-betul merekam jelas jejak masa putih abu-abu saya. Bawel-bawelnya ngetwit tentang hal ngga penting, masa romantic dan galauan saya pun ada diantara 22,7K tweets yang pernah saya buat.

Saya punya 2 account twitter, btw. 2nd account (@d_nurr) dibuat pada 26 November 2011. (Kok saya demen bikin akun di akhir tahun ya? Hahaha. Kebetulan pasti kan?).
Awalnya saya buat 2nd account karena saya ngga mau nyampahin timeline followers saya dengan kicauan saya yang tidak ada habisnya tentang idol saya, Vidi. HAHAHA. Saya ingat bangetttt, seorang kakak kelas pernah unfollow saya di twitter--Kak J--karena saya terlalu bawel ngetwit. (seingat saya bukan tentang Vidi). Sedih ih.
Lalu, 2nd account berubah fungsi menjadi QuizHunter—for a while.
Sekarang, 2nd account saya berisi tentang book, book, and book. Banyak penerbit yang saya follow, banyak penulis yang saya follow, banyak pula blogger buku yang saya follow. Setiap kali giveaway di blog pasti ngesharenya di 2nd account alih-alih di 1st account.
Hela napas deh kalau ngeliat timeline di 1st account sekarang, teman-teman saya udah pada cabut dari Twitter :'D. Sedangkan timeline di 2nd account…hidup banget bro, mereka yang saya follow masih pada aktif banget ngetwit. hihi.

Old conversation yang saya temukan beberapa hari yang lalu mengingatkan saya akan hal-hal unyuu, cute, unik--or whatever you say, saat Twitter benar-benar di puncak kejayaannya.
I’m sure, kamu pernah ngetweet begini :
tweet ke-222 special untuk @vidialdiano @raisa6690 @keenpearce @pevitapearce
Itu contoh doang ya, kalau saya ngasih tweet special kaya gitu biasanya untuk teman sekelas, teman yang sering mention-mentionan, gitu lah. 

Kala itu, android masih entah dimana, blackberry menang banyak. Buat bb user, aplikasi Ubertwitter mudahin mereka banget untuk berkicau. Enaknya Ubertwitter kita bisa ngeRT tweet orang, sedangkan kalau via web cuma ada fasilitas reply. Pun, kalau mau ngeRT via web, ya kita harus copas tweet sebelumnya. Sedangkan untuk non bb user, kalian pasti familiar sekali dengan m.tweete.net , itweet.net , dan writelonger.com. Tiga web yang menyediakan fasilitas RT tweet, jadi bisa ngetwit ala-ala Uber Twitter deh.
RT terus, Reply jarang dipakai~

RT ini nih…riskan banget sama yang namanya tweet di edit. Well, pengalaman pribadi sih ini. Mungkin, Anda juga hehe.
Tweet asli : Kangen @vidialdiano
Tweet RTan hasil editan : Makasih :3 RT @ardina_nr Kangen @vadieakbar
Sekarepmu lah..
Kala itu, twitpic masih jarang--ya mungkin juga kadar pamer orang masih rendah. Buat non bb user ngetwitpic di m.tweete.net , itweet.net , dan writelonger.com ribeeettt.

Pokoknya masa-masa kelas 1 & 2 (2010-2011) di Telkom adalah masa puncak ngetwit terbanyak sepanjang hari, sepanjang minggu, sepanjang bulan. Masuk tahun ke-3, saya mulai mundur teratur dari Twitter.. ah lebih tepatnya mengurangi kadar ngetweet. Tapi, twitter sih dibuka tiap hari. Buka, stalking, no make a tweet.
Memasuki masa kuliah, teman-teman Telkom saya dan orang-orang yang saya follow mulai mundur teratur, satu-persatu pada cabut dari dunia per-twitter-an.
Ketika hari ini saya buka beberapa profilnya, maka yang saya temukan adalah hanya tweet share path and instagram. Udang jarang yang ngetweet about her/his personal tought.
Kalau mengukur kadar kangen dengan teman berdasarkan masa-masa heboh ngetwit itu termasuk normal atau ngga ya?

Sekarang. Twitter jauh berkembang. Blackberry entah kemana. Android bertahan mengibarkan bendera kemenangan.
Android user sudah tidak memerlukan m.tweete.net , itweet.net atau writelonger.com lagi. (#FYI : Barusan, saya mencoba akses m.tweete.net dan ternyata sudah tidak bisa diakses, tertulis FORBIDDEN. You'll be missed m.tweete.net).
Sekarang. Twitter for Android/iOs/whatever sudah sangat cukup. Tidak lagi menggunakan RT-RT-an, karena sekarang lebih canggih dengan menggunakan Quote tweet or reply.
Pas 2010, mana ada quote tweet macam ini

Mau twitpic? gampang. Yang awalnya cuma bisa upload single pic, sekarang bisa beberapa gambar sekaligus. Btw, maksimal ngetwitpic sekaligus berapa ya?
Multiple tweetpic menguntungkan untuk olshop yes

Hmm..
Dari semua teman saya yang cabut  dari dunia per-Twitter-an, i'm still here and still waiting for you..coming back home.
How about you guys? masih bertahan di Twitter?
Saya masih bertahan. Saya masih memanfaatkan Twitter—atau dimanfaatkan heh? Saya masih ngetweet hal ngga penting, tapi benar-benar tidak seintens tahun 2010-2011. Saya masih ngetwit apapun ketika menonton Masterchef Indonesia season 4, sama seperti season pertama--2011 silam..
Saya ngga tau sampai kapan saya akan membiarkan twitter menjadi perekam jejak kehidupan via kicauan-kicauan saya. Tapi yang jelas, sampai saat ini, sekali lagi, saya masih bertahan mengelola 2 akun twitter secara bersamaan, walau sudah lamaaaa sekali memang saya selalu lebih fokus mengelola si akun kedua :)

Cheers,

ANR

3 komentar:

  1. Hampir sama nih. Dulu waktu awal-awal. aku masih bawel banget di Twitter. Tapi sekarang udah mulai bosen dan nggak sesering dulu ngetwitnya:)

    BalasHapus
  2. Karena sosial media yang friendly dan simple itu cuma twitter ya kayaknya..

    BalasHapus
  3. Nyamannya twitter bisa berinteraksi dengan banyak secara bebas :)

    BalasHapus