Selasa, 11 Februari 2014

[Review Novel] Save My Soul - Falla Adinda

Judul : Save My Soul
Penulis : Falla Adinda
Harga : Rp 45.000
Halaman : 232
Penerbit : ByPass

Ketika pilihan terberat bukan lagi antara memilih warna krayon untuk menggambar atau memilih sepatu mana yang paling cocok untuk hari ini; di situlah cinta mulai muncul, sebagai sebuah permasalahan yang rumit.
Mungkin, bukan dinamakan cinta jika tidak meninggalkan sebuah rajutan luka, bukan pula cinta rasanya jika sama sekali tidak pernah meninggalkan jejak berupa rasa hangat di pipi ataupun rasa panas di dada serta rasa sakit di kepala. tapi, bukankah hidup ini memang terlahir dari cinta?
Saya Annrudha, ini mungkin bukan cerita cinta, aku hanya ingin berbagi cerita.

Sinopsis : Cerita tentang tiga sahabat yang mempunyai jalan karir yang berbeda setelah lulus SMA. Annrudha dengan pilihannya sebagai dokter, Ruth sebagai psikolog, serta Abhinara yang memutuskan kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan manajemen. Persahabatan mereka terus terjalin hingga melewati fase kuliah-lulus-kerja-sibuk dengan pekerjaan masing-masing.
Abhinara 
Awal saat masuk kuliah abhi sempat menjalin LDR dengan Kila, tapi hubungan itu putus di tengah jalan dan membuat Abhi menjadi skeptis dengan cinta. Apa yang dilakukan Kila hingga membuat Abhi menjadi skeptis?
Annrudha
Setelah lulus kedokteran, Annrudha memutuskan untuk mengambil PPDS Anak. Saka merupakan pacar Annrudha, dan mereka sudah berpacaran selama enam tahun. Saka adalah seorang pekerja seni, ia bukan pekerja tetap, bukan pekerja kantoran apalagi dokter seperti Annrudha. Kenyataan status sosial yang berbeda ini membuat Saka minder. Annrudha mengatakan ia tak pernah mempermasalahkan ini dan mencoba bertahan. Tapi akhirnya Annrudha sadar tentang “krikil tajam” yang menjadi masalah di hubungan mereka tersebut. Bagaimana akhirnya? Apakah Annrudha atau Saka akan tetap bertahan?
Ruth
Setelah lulus, ruth menjadi seorang psikologi klinis dan bekerja di Rumah Sakit. Ia mempunyai kekasih bernama Bima yang sangat mencintainya dengan tulus dan menerima apa adanya ruth, baik kelebihan dan kekurangannya. Ada satu hal yang membuat Ruth harus menyerah dan rela meninggal profesinya sebagai psikolog. Bahkan lamaran dari seorang Bima pun Ruth tolak, apa yang terjadi sebenarnya?

Review :
Ini bukan cerita tentang cinta segitiga, apalagi cerita tentang sahabat yang naksir sahabat sendiri. Bukan, tidak seperti itu, berbeda..
Save My Soul merupakan novel kedua yang ditulis Falla setelah novel Heart emergency (2012).
Oke Let’s review! Aku adalah salah satu followers Falla di twitter dan baca beberapa halaman pertama di novel ini langsung terbersit ini di pikiran : Gaya bahasa di novel sama di twitter sama :)) khususnya karakter Annrudha. iya karakternya Annrudha ini Falla bangetttt. Secara Falla adalah seorang dokter di dunia nyata, dan Annrudha juga diceritakan adalah dokter.
Point Of View yang digunakan adalah pov orang pertama, orang pertama dari setiap karakter… yaitu pov dari Annrudha, Abhi dan Ruth. Tapi pembagian pov-nya ga seimbang, mungkin karena penulis ingin lebih berfokus kepada salah satu karakter, yaitu Annrudha..jadi pov dari Ruth dan Abhi hanya sekitar 5-10% dari keseluruhan cerita.
Pas baca POV dari Abhi itu rasanya… err gemes! Soalnya banyak pemborosan pada kata “gue”. Let me show to you, “Gue kayuh sepeda gue menuju housing tempat gue tinggal” “Gue arahin sepeda gue menuju Hasret Doner untuk beli kebab buat gue bawa pulang dan kembali mengayuh sepeda gue menuju tempat gue tinggal”. Gue-gue-gue-gue-gue. Too much ka Falla :) Pak Editornya kemana ya? Hehe.
Sudut pandang Ann dan Ruth diceritakan dengan kata “Aku”. Sementara Abhi terlihat dipaksakan menggunakan kata “gue” yang akhirnya terlihat tidak natural di cerita karena adanya pemborosan itu.
Salah ketik atau typo juga beberapa kali ditemukan, parahnya sih ya dalam penulisan karakter juga ada beberapa typo. Misalnya lagi menceritakan Brama ditulisnya Bima. Lagi-lagi, editornya kemana yah?

Dari alur cerita, I enjoy it sih hehe. Di novel ini too much advice. Advice dalam menjalin hubungan terutama hubungan yang berbeda dari segi status sosial, apakah harus dipertahankan atau dilepaskan? IMO, ada part yang sedikit mirip dengan novel yang Heart Emergency.. For me sih ya, permainan emosinya bolehlah...dapatlah.. :)

Oke sekian saja ya review untuk Save My Soulnya yang kayanya lebih banyak kritikannya ya ? :p *maafkan aku ka Falla*
Semoga pas cetakan kedua, typo-typo-nya bakal dibetulin editor, dan kata Gue dari segi Abhinya juga banyak yang diedit lagi hihi..

Keep try,
Keep writing ya ka Falla J


Cheers!

0 komentar:

Posting Komentar