Selasa, 31 Desember 2013

Penyuluhan Desember 2013

Tahun akan berganti beberapa jam lagi. sebelum tahun berganti, ada lebih baiknya untuk saya memosting beberapa postingan yang kepending gara-gara kuota modem abis. Yipiiii Mareeee !!
***
Bulan Desember ini, tepatnya 18 Desember 2013, saya dan teman sekelas dapat jatah untuk menyelesaikan project dalam satu mata kuliah, ompe kesehatan. Projectnya itu bikin sebuah rencana acara dan penerapannya. Kebetulan matkul ompekes ini ada dua kelas, dan saya dapat kelas yang pertama. Di kelas pertama ini rencananya kita bikin dua project yang masih dalam satu tema. Project pertama adalah penyuluhan di SD, dan yang kedua adalah seminar di kampus.
18 Desember kemarin kami telah menyelesaikan project pertama, penyuluhan di SD. Dan kebetulan saya kebagian jadi Sie.Acara dan ngasih penyuluhan tentang makanan dan jajanan sehat. Sound interesting! SD yang kami pilih ada di daerah kedoya utara, tepatnya di SD 09-010. Saya kebetulan ngurus penyuluhan di SD 09.
Oya , btw, di project ini sebenarnya ada tiga macam acara yang harus dijalankan. Pertama, pemberian materi makanan dan jajanan sehat. Kedua, materi cuci tangan, dan Ketiga Penimbangan TB dan BB. Untuk acara pertama dan kedua target kami hanya murid kelas V, sedangkan untuk TB dan BB target kami semua murid di SD 09-010. Setiap acara punya PJ masing-masing.
Karena saya ngurusin makanan dan jajanan sehat, postingan kali ini saya akan focus kepada apa yang saya urus ehehe.
Hari itu sekitar jam tujuh pagi saya sudah sampai tempat tujuan, panitia belum ada yang datang, jadi saya tak berani mendekat ke sekolah itu *loh. Dari jauh saya lihat, para murid berseragam pramuka sedang diberikan pengarahan oleh Sang Bapak Kepsek tentang project yang kami adakan. Beberapa menit kemudian, teman saya yang rumahnya tak jauh dari sekolahan datang, lalu disusul teman-teman yang lain beberapa menit kemudian,
Rasanya sebelum ngasih penyuluhan itu gimana ya..uhm.. deg-deg-an ehehe, teringat sasaran murid yang akan diberi penyuluhan adalah anak kelas V SD, saya langsung meramalkan bentuk dan kelakukan mereka, yang ada di benak saya : kelas V? mereka mulai beranjak remaja, secara fisik sudah berkembang dan mungkin besar-besar, secara psikis mulai ngeberontak wah gawat nanti kalau penyuluhan saya dikacangin, atuh kumaha?
Tapi ketika masuk ruang penyuluhan yang kebetulan di lantai dua, pelan-pelan semua yang saya ramalkan menghilang, dan saya optimis I Can Do It, Yes, it’s my first time…first time ngasih penyuluhan, first time jadi pembicara selain jadi pembicara saat presentasi tugas di kampus :p
Cuaca hari itu mendung, saat saya mulai penyuluhan, rintik hujan mulai turun. Untung ada microphone, jadi suara saya tidak tenggelam dalam suara rintik hujan yang jatuh. Murid-murid tersebut ternyata tidak sebesar yang saya pikirkan dan psikis mereka masih dalam batas kewajaran, overall audience saya nurut abis lah.
Mereka aktif, mau berinteraksi. Ketika saya melemparkan pertanyaan mereka akan merespon. Good condition, rite? I enjoy it. Semuanya berjalan lancar selama penyuluhan. Di akhir penyuluhan ada pembagian konsumsi, makanan dan jajanan sehat, Susu dan Roti. Yey..! Tapi ada sedikit masalah di salah satu jenis konsumsi tersebut. Yep, kekurangan jumlah konsumsi yang mau ga mau harus ada pengeluaran tambahan untuk pembelian susu.
my audience -- our audience




udah mirip pembicara handal gitu belum? *tsahhh




Tepuk diam!
*prok-prok* Diam dong *prok-prok* Jangan berisik
*prok-prok* Sstttt!!


Jangan nyontek ya adik-adik ;))


Thank you :)

Materi saya selesai, dilanjut dengan materi cuci tangan yang dibawakan oleh teman saya yang lain. Saya tetap stay di ruangan itu, sesekali keluar ruangan namun kembali lagi. Jailnya saya sih, pas teman lagi nerangin materi cuci tangan, saya malah godain murid cowo barisan belakang bersama satu anak perkap—widuri *oke ini bukan godain seperti yang kalian pikirkan*. Dalam satu moment, saya ngajak anak barisan belakang itu untuk fotbar atuh biasalah narsisnya mah kumat. Zaman sekarang ga foto ga afdol ahaha. Tapi pada ga mau. Payah mereka *eh. Tapi ada satu anak yang saya bujuk-bujuk akhirnya mau, pas saya foto-foto sama anak itu temennya yang lain ngejek “ada penampakan, ada penampakan” ahaha ledekan anak bocah banget. Giliran saya ajak foto anak yang ngejek itu dia malah ga mau, nghindar dari kamera. Oh.. anak-anak…
I don’t know, felt blessed at that moment J




Narsis dulu boyeeeh kan :p
With Mrs.Oplosan--Widuri



Di sesi games, tau apa yang anak korlap lakukan? Ngajak murid-murid untuk goyang oplosan! Omygod. Sejujurnya sih not-educated banget haha tapi karena ada lost contact antara sie korlap dan sie perkap dalam pembelian alat untuk sesi games, games yang telah disiapkan korlap sebelumnya gagal. Akhirnya anak korlap inisiatif buat ngadain games ini. Seru sih, ahaha aduh untung pas project itu ga ada Pak Dekan atau Bu Kajur, bisa dikasih peringatan kami kalau mereka melihatnya dan tau :p
Murid dan panitia bersama bergoyang oplosan dan goyang keep smile. Ya ga bisa dipungkiri virus goyang itu menyebar kemana-kemana. Anak SD sudah tau. Dalam sebuah percakapan dengan anak cowo barisan belakang tadi saya sempat bertanya tentang goyang oplosan pada mereka sebelum games berlangsung. Kata mereka, mereka tau goyang oplosan dan mereka sering nonton yks. Okayyy! YKS everywhere...







Setelah materi cuci tangan dilanjut dengan praktik cuci tangan langsung. Materi ini ngasih tau bagaimana cara dan urutan cuci tangan yang benar :D setelah beres praktik, tugas saya selesai dan saya turun ke bawah untuk nyamperin stand penimbangan. Saya ga ngatur ngurus atau terlibat sama sekali dalam acara itu *peace *kan udah punya urusan sendiri *eh *tsahhh. Di bawah malah saya narsis-narsis. :p
Berapa BBmu?


Berapa TBmu?

Yes, akhirnya selesai juga project ini. Project yang akhirnya dijadikan sebagai penilaian UAS. Jadi untuk matkul ompekes tidak ada UAS tertulis, hanya penyerahan LPJ *tari ubur-ubur*. Semoga hasilnya memuaskan ya *fyuhh. Ini project pertama bersama, ga munafik, pasti masih banyak kekurangan sana-sini, kami masih belajar, harus dimaklumi, tapi setidaknya kami telah berusaha memberikan yang terbaik bukan?
:D
Thank you, team!

0 komentar:

Posting Komentar