Minggu, 25 Desember 2011

[Review Buku] : Manusia Setengah Salmon - Raditya Dika

Well..saya seneng banget bisa PO novel baru Raditya Dika yang berjudul Manusia Setengah Salmon yang bonus tanda tangannya dia di Bukabuku.. hehe :D
ini kali pertama saya memberi novel hasil karya Radit, dia udah nulis 5 novel sih tapi saya baru tergugah untuk membeli buku dia yang baru Hehe :p. Alhamdulillah ya.. Sesuatu :)
buku MSS seharusnya terbit tanggal 24.12.11 tapiiiiiiiii saya dapetnya H-1 sebelum buku itu di publish dimana-mana :p hehe.. asyiiik kannn..? :D
well.. buku yang mempunyai tebel 258 halaman ini menurut saya yang suka baca novel ini sih masih kurang tebel bang........... !! muehehe..
oke next.. disini saya akan buat review manusia setengah salmon aka MSS yang menurut back covernya terdiri dari 19 bab padahal setelah saya itung cuma 18 bab karena "prakata" ga saya itung Haha..
Bener kata bang radit.. ini buku isinya absurd banget *opo iki absurd? -_-a* ini buku berisi segala perpindahannya.. mulai dari pindah rumah,pindah negara,pindah supir,hingga......pindah hati :D
Berkat buku ini saya jadi tau skema si-Radit diputusin sama si "anu",feel saya sih si "anu" itu si penyanyi *uppps bener ga bang..?
Terus bab yang bikin saya full ngakak adalah bab Bakar Saja Keteknya. seriusan itu bikin ketawa dari baca awalnya sampe akhirnya. Itu bercerita tentang Radit yang pindah-pindah supir sampe akhirnya ketemu satu supir yang cocok yang ternyata punya masalah dengan bb (bau badan). *bang.saya mau lihat tampang supirnya donggg;)*
Kalo mau lihat skema si bang Radit diputusin si "anu" monggo dibuka bab Sepotong Hati Di Dalam Kardus Cokelat yang juga berisi tentang pindah rumah radit. Sedangkan bab Mencari Rumah Sempurna berisi tentang perjalanan radit untuk mulai move on dari sang mantan terkasih. Di bab terakhir Manusia Setengah Salmon berisi tentang radit yang telah menemukan tambatan hati yang baru dan mulai berfikir dia sudah cukup tua karena mayoritas temannya sudah pada nikah dan punya anak. *makanya mas cepet nikah sama mba herfiza!!:D*
Di buku ini ada juga perjalanan radit summer course dia ke belanda (Kasih Ibu Sepanjang Belanda),di bab ini ngocol abis. Radit sempet dikira sebagai orang yang mau memperkosa gadis cina pada saat sore hari sepulang dari kampus. *penasaran gimana ceritanya? baca bukunya..monggo..* :p
Terus ada bab tentang Pesan Moral Dari Sepiring Makanan yang salah satunya berisi tentang liburan keluarga radit di Italia,berisi tentang nyasarnya radit saat mencari makanan, diceritakan juga kepolosan edgar saat menanyakan restoran yang ingin dituju tapi ternyata malah bikin tambah nyasar.. :p
Lalu ada bab Terlentang Melihat Bintang yang bersi salah satu pengalaman radit mengisi program Tarung di kompastv,gimana dia mulai belajar salah satu seni beladiri,meres susu sapi hingga dia adu bela diri dengan orang kampung.. Radit membungkus semuanya dengan baik. Keren. Cool.. :)
Last.. ada beberapa bab yang emang dikarang radit untuk lucu-lucuan semata, misalanya Interview With The Hantus yang berisi percakpan dengan genderuwoh,pocong,dan kunti :3, dan bab Jomblonology dimana pas bacanya saya berasa sedang belajar Wirus di sekolah *omg..*
well..kayaknya cukup yah reviewnya,kalo ngereview semuanya ga seru dong. kasian yang belum baca tar ketauan bocorannya . wehehehe.
banyak kata-kata yang saya suka dari novel ini.. misalnya..

"dan ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tidak nyaman,saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa) cocok untuk dirinya.Yang kurang tepat itu bila dua hal yang dirasa sudah tidak lagi saling menyamankan tetap dipertahankan untuk bersama" - 29
"sebaiknya,semakin bertambah umur kita,semakin kita dekat dengan orangtua kita" - 133
"saat ini,gue jadi berpikir,proses pindah hati juga seperti pindah rumah. terkadang,kita masih membanding-bandingkan siapa pun yang kita temui dengan mantan pacar...Perjuangan untuk pindah adalah perjuangan untuk melupakan" - 243&244
"Hidup sesungguhnya adalah potongan -potongan antara perpindahan satu dengan lainnya. Kita hidup di antaranya." - 254
akhir kata. Sukses untuk MSS-nya yang bang Radit. saya yakin buku ini bisa jadi Best Seller kok :D
Please bang.. saran saya kalo ngeluarin buku lagi bikin yang super tebel bang. bikin sampe 400/500 halaman yang bang.. muehehe.. :p Salam Random :)
penampakan buku Manusia Setengah Salmon - Raditya Dika.
for fact ternyata saya dapet pembatas buku yang berbeda dengan yang lain -_- but no problem :)

ini dia tampak dalam..
ada sebuat coret-coretan. bisakah disebut tanda tangan?
coret-coretannya kurang jelas? mari lihat yang ini..

saya bingung apa yang tengah dilakukan bang radit saat menandatangani buku ini
muehehe.. lebih tepat dibilang coretan anak SD *peace :P

novel bang Radit menjadi novel ke-30 untuk saya!
selamat 30 bang!! woohoo.. :p

0 komentar:

Posting Komentar